Polda Sumbar Terima Masker Buatan Polwan Hasil Kerjasama dengan BLK Padang

Kepala BLK Padang Syamsi Hari saat Menyerahkan Masker Buatan Polwan ke Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto
Kepala BLK Padang Syamsi Hari saat Menyerahkan Masker Buatan Polwan ke Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto (Humas Polda Sumbar)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar menerima masker sebanyak 2.700 unit.

Diketahui, masker tersebut merupakan buatan Polwan Polda Sumbar yang dilatih di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang.

baca juga: Sekolah Mulai 13 Juli 2020, Pemkab Solok Terapkan Pembelajaran Daring dan Luring

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto menyampaikan, ucapan terima kasih kepada BLK Padang atas kerjasama dalam melatih Polwan Polda Sumbar untuk menjahit masker .

"Kita memang bekerjasama dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan untuk para anggota kita khususnya Polwan. Para Polwan dilatih membuat masker , yang kita rasakan hampir di semua tempat langka," katanya di Mapolda Sumbar, Senin (27/4/2020).

baca juga: Angka Positif COVID-19 Sumbar Capai 791, Jubir: 661 Diantaranya Dinyatakan Sembuh

Toni menambahkan, kelangkaan masker tersebut, untuk spesifikasi khusus memang masih dirasakan kurang, dan pihaknya berupaya untuk melengkapinya, khususnya kepada anggota yang memerlukan masker .

"Hasil kegiatan selama dua minggu ini sudah bisa kelihatan bahwa, Polwan-polwan kami sudah memiliki kemampuan untuk membuat produk masker . Malah kedepannya, kita akan menyiapkan rencana untuk bekerja sama membuat pelatihan peti mati," ujarnya.

baca juga: Virus Corona Diduga dapat Menyebar di Udara, Ilmuwan Rancang Filter Udara

"Kita tahu, isu COVID-19 belum selesai, dan setiap pemakaman yang orang yang diduga Suspect COVID-19 juga butuh ini untuk penguburannya. Tidak ada salahnya kami untuk mendidik kembali anggota-anggota kami, untuk keterampilan yang lain," sambungnya.

Kepala BLK Padang Syamsi Hari mengatakan, hari ini merupakan penyerahan hasil pelatihan berupa masker hasil kerja sama. "Menghasilkan masker pada tahap I, dan akan kita lanjutkan lagi pada tahap II," katanya.

baca juga: Ini Daftar 50 Negara Kasus Infeksi Tertinggi Corona, Indonesia Posisi 26

Syamsi Hari melanjutkan, masker ini untuk rencananya digunakan untuk internal Polda Sumbar dan masyarakat. "Pelatihan ini bagi para Polwan jadi nilai plus, dari yang tidak bisa jadi bisa menjahit. Ini merupakan satu hal yang baik bagi kita semua, hasilnya pun bisa kita bagi ke masyarakat," ujarnya lagi.

Salah seorang anggota Polwan yang mengikuti pelatihan Bripda Putri Molerenza mengatakan, dirinya beruntung mendapatkan pelatihan di BLK Padang. Dari awalnya tidak bisa menjadi bisa membuat masker .

" Masker yang kami buat, jumlahnya 2.700 unit. Membuat masker itu tidak mudah, disini kami diajarkan membuat masker dengan teliti," katanya.

Editor: Muhammad Haikal