Hadapi Dampak COVID-19, Pemko Pariaman Siapkan Rp1,5 Miliar untuk Tiga Sektor

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Dinas Pertanian , Pangan dan Perikanan Kota Pariaman perkuat sektor pertanian , peternakan dan perikanan dengan anggaran Rp1,5 miliar. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan sektor tersebut di saat wabah COVID-19 menyerang.

Kepala Dinas Pertanian , Pangan dan Perikanan Kota Pariaman , Dasril mengatakan, dana Rp1,5 miliar itu didapat dari anggaran yang telah direvisi.

baca juga: Terus Naik, Emas Batangan Masih di Atas Rp1 Juta Per Gram

"Sebagaimana yang kita ketahui, wabah COVID-19 berdampak pada segala sektor. Untuk itu kami juga bantu pertanian perikanan dan peternakan dengan dana Rp1,5 miliar, dan itu diambil dari anggaran yang direvisi," ungkap Dasril, Kamis 30 April 2020.

Lebih lanjut Dasril menjelaskan, dana yang telah dianggarkan tersebut akan disalurkan dalam bentuk bibit dan benih.

baca juga: Harga Minyak Dunia Terus Mengalami Kenaikan

"Nah, untuk perikanan , kami berikan dalam bentuk bibit ikan. Lalu pakan ternak untuk kelompok pembudidaya yang memanfaatkan sumber perairan umum yang ada di bawah pengelolaan kelompok pengawas masyarakat," ungkap Dasril.

Dikatakannya soal irigasi juga dibantu dalam dana tersebut.

baca juga: Sempat Tersendat, Saat Ini Pesanan Estalase di Pessel Mulai Laris Manis

"Sedangkan untuk pertanian ada juga bibit tanaman produktif cepat panen. Jenisnya terdiri dari rawit, kacang panjang, melalui kelompok dasawisma," sebut Dasril.

Kadis itu juga sebutkan, untuk peternakan, akan disalurkan ayam. "Masing-masing keluarga peternak akan mendapat 15 ekor ayam," sebut Dasril.

baca juga: Transaksi Selasa, Rupiah Kembali Menguat

Dasril juga katakan, bantuan yang diberikan oleh pemerintah semata-mata untuk menopang dan membantu ekonomi warga saat pandemi.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri