Kakan Kesbangpol Payakumbuh Ingatkan Warga Bahaya Hoaks

Kepala Kantor Kesbangpol Payakumbuh Budi Permana.
Kepala Kantor Kesbangpol Payakumbuh Budi Permana. (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh Budi Permana mengimbau warga untuk tidak mudah percaya informasi yang beredar di tengah kondisi Pandemi COVID-19. Imbauan ini dikhususkan kepada pengguna media sosial dan warga yang menggunakan media sosial sebagai informasi.

Budi Permana mengatakan saat ini sangat banyak beredar informasi hoaks atau belum tentu kebenarannya. Namun ia menjelaskan untuk informasi terkait COVID-19, warga bisa mendapatkan informasi resmi dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Payakumbuh dan melalui media massa atau daring (online) yang ada.

baca juga: Pemerintah Anggarkan Rp122 Triliun untuk UMKM

"Khususnya warga yang menggunakan media sosial (Medsos) untuk tidak mudah percaya dan membagikan serta sebar menyebarkan informasi yang belum jelas kebenaran dan sumbernya, terutama terkait COVID-19," kata Budi Permana, Minggu 3 Mei 2020.

Sebab dikatakannya informasi tersebut nantinya akan menyesatkan baik bagi penyebar maupun penerima informasi tersebut. Apalagi menurutnya saat ini juga telah diatur dalam UU ITE yang dapat menjerat siapa saja dalam menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya.

baca juga: Terus Melonjak, Angka Positif Corona di Indonesia Sudah 385.980 Kasus

"Untuk itu warga diminta untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial karena nanti bakalan ada sanksi yang menanti hingga di penjara. Kalau ingin mengetahui informasi lebih baik ditanyakan kepada pihak-pihak terkait dan yang bertanggungjawab," ujarnya.

Ia mengimbau agar warga dapat menyaring informasi yang beredar sebelum menerima atau membagikannya. Menurutnya warga juga lebih baik menahan diri untuk tidak menyebar informasi yang dapat membuat keresahan di tengah masyarakat apalagi saat Pandemi COVID-19.

baca juga: Pungli Masih Marak, Asisten III Setdako Payakumbuh Tegaskan Hal Ini

Mari sama-sama ditunggu informasi yang resmi dari Pemko Payakumbuh ataupun tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Payakumbuh ," ujar Budi Permana.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani