Pemkab Sebut Jalan Trans Mentawai Bisa Percepat Penanggulangan Bencana

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF - Permasalahan banjir di Kabupaten Kepulauan Mentawai dinilai bisa diatasi dengan penyelesaian Jalan Trans Mentawai yang saat ini masih terbengkalai.

"Di Pulau Siberut, kebanyakan pemukiman masyarakat berada di pinggir sungai. Jika Jalan Trans Mentawai sudah selesai, maka mobilisasi masyarakat ke daerah jalur Trans Mentawai ini bisa dilakukan," kata Wakil Bupati Mentawai , Kortanius Sabeleake dalam wawancara online pada Minggu 3 Mai 2020.

baca juga: Pakar Gempa Ingatkan Warga Terkait Gempa dan Tsunami yang Masih Mengancam Kota Padang

Sementara saat ini, Jalan Trans Mentawai untuk di Pulau Siberut menurutnya baru diselesaikan sebanyak lima persen dari panjang 187 kilometer lebih.

"Kalau saat ini, untuk menuju dari satu kampung ke kampung lainnya di Pulau Siberut masih melalui jalur sungai atau laut. Untuk darat bisa dilewati dengan kendaraan, tapi hanya menggunakan sepeda motor saja," katanya.

baca juga: Sering Kehilangan Alat Sistem Peringatan Dini, Kalaksa BPBD Padang : Masyarakat Harus Ikut Menjaga

Menurutnya, untuk Pulau Siberut ini, pembangunan Jalan Trans Mentawai hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten saja.

"Kalau hanya menggunakan APBD kabupaten saja, Jalan Trans Mentawai ini akan lebih lama selesainya. Karena APBD hanya sedikit," lanjutnya.

baca juga: 150 Rumah dan Infrastruktur Publik Rusak Akibat Gempa 6,1 SR di Maluku Tengah

Sementara untuk daerah lainnya, perkembangan Jalan Trans Mentawai sudah semakin tinggi. Daerah Pulau Sikakap sudah 70 sampai 80 persen dan Pulau Sipora sudah sekitar 40 persen.

"Jika Trans Mentawai ini bisa cepat dilaksanakan, kami juga bisa mendorong relokasi secara bertahap. Selain itu juga pembangunan tiang listrik," lanjutnya.

baca juga: Wagub Sumbar Serahkan Proposal Rehab Rekon Bencana ke BNPB

Dengan begitu, permasalahan kebencanaan di Kabupaten Kepulauan Mentawai dinilai bisa lebih cepat penanganannya, karena transportasi akan lebih mudah dan lebih cepat.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi