Banjir Ganggu Pelaksanaan PSBB di Kepulauan Mentawai

Ilustrasi
Ilustrasi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Kepulauan Mentawai terganggu karena adanya banjir yang melanda daerah tersebut.

"Untuk PSBB, kami tetap melaksanakannya. Tetapi mungkin tidak akan maksimal seperti daerah lain, karena banjir baru saja melanda daerah kami," kata Wakil Bupati Mentawai , Kortanius Sabeleake dalam wawancara online pada Minggu 3 Mei 2020.

baca juga: Pakar Gempa Ingatkan Warga Terkait Gempa dan Tsunami yang Masih Mengancam Kota Padang

Menurutnya, pihaknya masih melakukan ketentuan sesuai dengan aturan PSBB, tetapi untuk daerah Siberut masih akan menjadi pengecualian.

"Pengecualian untuk Siberut karena saat ini masih belum ada masyarakat yang terkonfirmasi positif di daerah itu," lanjutnya.

baca juga: Sering Kehilangan Alat Sistem Peringatan Dini, Kalaksa BPBD Padang : Masyarakat Harus Ikut Menjaga

Sementara itu, untuk pelaksanaan di pulau lainnya yang ada di Kepulauan Mentawai , pihaknya terus melaksanakan PSBB.

"Untuk di pulau lainnya, kami akan tetap melaksanakan PSBB dengan cara menghentikan orang masuk ke pulau yang ada di sini," sambungnya.

baca juga: 150 Rumah dan Infrastruktur Publik Rusak Akibat Gempa 6,1 SR di Maluku Tengah

Tidak hanya orang lain yang akan diperiksa saat masuk ke Pulau Siberut, tetapi juga berlaku untuk petugas yang mengantarkan bantuan kebencanaan.

"Di setiap kapal untuk bantuan kebencanaan nantinya akan ada petugas kesehatan. Setiap petugas yang mengantarkan bantuan nanti akan dites kesehatannya," lanjutnya.

baca juga: Wagub Sumbar Serahkan Proposal Rehab Rekon Bencana ke BNPB

Dengan begitu, ia berharap hal tersebut bisa menekan angka masyarakat yang tertular virus Corona di Kepulauan Mentawai .

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi