Sensus Penduduk Online 2020 Diperpanjang, Ini Caranya

Sensus Penduduk
Sensus Penduduk (net)

KLIKPOSITIF - Sensus Penduduk 2020 online diperpanjang sampai 29 Mei 2020. Hal tersebut disampaikan dalam unggahan akun Instagram resmi Badan Pusat Statistik @bps_statistics. "Belum sempat mengisi? Tenang. Yosi juga sekaligus mengingatkan bahwa periode Sensus Penduduk Online dalam #SP2020 diperpanjang hingga 29 Mei 2020," tulis @bps_statistic.

Masyarakat dapat mengikuti sensus ini dengan mengakses website resminya, sensus.bps.go.id. Dilansir dari sensus .bps.go.id, bagi warga yang ingin melakukan pengisian data sensus penduduk online 2020, dapat menyiapkan sejumlah berkas yakni:

-e-KTP

baca juga: Aturan Bersepeda dari Kemenhub Soal Wajib Pakai Helm, Ini Penjelasannya

-Kartu Keluarga

-Nomor surat nikah, bagi yang sudah.

baca juga: 16 Paket Besar Ganja Kering Disita, Empat Pelaku Dibekuk di Pasbar

-Nomor akta cerai (bagi yang bercerai)

dan buka http://sensus.bps.go.id Jawab pertanyaan dari pertanyaan yang ada.Selanjutnya, berikut cara melakukan pengisian data sensus penduduk online 2020:

baca juga: Pelajaran Sejarah Tidak Lagi Wajib?, Wakil Ketua MPR Sarankan Nadiem Makarim Kembali Belajar

1. Masuk ke dalam laman daring www.sensus.bps.go.id melalui perangkat gawai yang terhubung dengan internet.

2. Isilah Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP.

baca juga: Ini Pengakuan Ibu Pelaku Penusakan Syekh Ali Jaber Tentang Kondisi Anaknya

3. Isilah nomor Kartu Keluarga (KK).

4. Buatlah password dan pilihlah pertanyaan pengamanan untuk menjaga keamanan data.

5. Setelah password berhasil dibuat, akan muncul daftar pertanyaan. Setelah itu, isi daftar pertanyaan sesuai dengan kondisi saat ini.

Contoh pertanyaan yang akan muncul melipui alamat, daya listrik yang digunakan, jenis air minum yang dikonsumsi hingga data anggota keluarga lainnya. Setelah seluruh data terisi klik kirim. Selanjutnya unduh bukti pengisian, maka proses pengisian data sensus penduduk telah selesai.

Sebelumnya Sensus Penduduk Online 2020 dimulai tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020. Namun dengan perpanjangan ini diharapkan masyarakat yang belum bisa melakukan sensus online dapat segera melakukannya.

Editor: Ramadhani