Israel Mulai Kembangkan Vaksin Corona untuk Komersial

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Israel menyebut telah menyelesaikan tahap pengembangan vaksin virus Corona . Menurut Kementerian Pertahanan Israel, Institut Riset Biologis Israel (IIBR) kini tengah mencari produsen internasional untuk pengembangan komersial vaksin tersebut.

"Saya bangga dengan staf Institut Biologis, yang telah membuat terobosan besar," kata Menteri Pertahanan Naftali Bennett dilansir dari 9News, Selasa (5/5/2020).

baca juga: Putus Mata Rantai Covid-19, Bupati Solsel: Satu Bulan Kedepan Vaksin Harus Tuntas

Hasil ini dicapai setelah sebuah di laboratorium penelitian di kota Ness Zionadan, dikatakan berhasil mengidentifikasi antibodi kunci yang menyerang virus dan menetralkannya. Bennett mengungkapkan bahwa antibodi yang ditemukan bakal menyerang virus dengan cara monoklonal--antibodi yang hanya mengenali dan melawan satu jneis antigen tertentu.

"Hal itu dipandang sebagai pengobatan yang lebih manjur, karena berasal dari satu sel saja," kata Bennett.

baca juga: Dinkes Solsel Sebut Vaksin Diperlukan untuk Membentuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Covid-19

IIBR sendiri telah menguji darah dari pasien yang sudah pulih dari Covid-19. Sampel darah yang telah mengalahkan penyakit, dipandang sebagai harapan terbaik untuk menemukan obatnya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan terobosan yang dilakukan peneliti di negaranya itu merupakan langkah besar ke depan.

baca juga: PBB: Hentikan Penjualan Senjata ke Myanmar

"Kami berharap dapat bekerja dengan negara-negara lain untuk meningkatkan kemampuan unik kami untuk menemukan solusi untuk kepentingan semua," tandasnya.

Dilansir Worldometers, Israel telah mencatatkan kasus positif virus Corona sebanyak 16.246 dengan total kematian mencapai 235 hingga Selasa

baca juga: Seorang Pasien Positif COVID-19 Meninggal di RSUD Batusangkar, 8 Pasien Lainnya Masih Dirawat

Editor: Ramadhani