Dua Pekan Pelaksanaan PSBB, 294 Kendaraan Putar Balik di Kawasan Dharmasraya

Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah memantau pos check point PSBB
Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah memantau pos check point PSBB (Humas Polres Dharmasraya)
DHARMASRAYA , KLIKPOSITIF

- Sebanyak 294 unit kendaraan terpaksa putar balik saat akan memasuki dan meninggalkan wilayah Sumatera Barat selama dua pekan terakhir setelah diterapkannya PSBB di Sumatera Barat.

Hal tersebut menindaklanjuti Keputusan Menteri Kesehatan terkait PSBB di wilayah Provinsi Sumbar, dan berpedoman Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan COVID-19 di Provinsi Sumatera Barat dan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 180-297-2020 tentang Pemberlakuan PSBB di Wilayah Provinsi Sumatera Barat Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

baca juga: UNDHARI Goes to School: Sosialisasi ke Sekolah-sekolah di Sumbar dan Jambi

"Kita mendukung penuh penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) yang diberlakukan Pemprov Sumbar ini. Terhitung dari tanggal 24 April 2020 sampai dengan 5 Mei 2020 total ada 294 kendaraan yang di suruh putar balik oleh petugas kami yang ada di Pos Check Point PSBB . Hal ini merupakan upaya percepatan pencegahan COVID-19 khususnya di Provinsi Sumatera Barat" Ujar Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah.

Dari 294 kendaraan tersebut diantaranya, 195 unit kendaraan yang akan masuk Provinsi Sumatera Barat dan 99 unit kendaraan yang keluar provinsi Sumatera Barat. Data tersebut berdasarkan laporan Satuan Lalu Lintas Polres Dharmasraya terhitung dari tanggal 24 April sampai dengan 5 Mei 2020.

baca juga: PT Dharmasraya Sawit Lestari Beralih ke PLN

Kapolres Dharmasraya menjelaskan tindakan yang dilakukan petugas di perbatasan sudah sesuai dengan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar yang berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang pedoman PSBB serta Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020.

"Kami berharap masyarakat mematuhi aturan ini dengan penuh kesadaran agar tidak melakukan mudik atau pulang kampung terlebih dahulu demi kebaikan diri sendiri, keluarga dan orang lain," harap Aditya.

baca juga: Gubernur Sumbar Salut, Komunikasi Bupati Dharmasraya dengan Pusat Berbuah Tol 139 Kilometer

Penulis: Ivan Rionaldo Lutfie | Editor: Haswandi