PSBB Sumbar Diperpanjang Hingga 29 Mei, Ini Kata Kapolda Sumbar

Forkopinda Sumbar
Forkopinda Sumbar (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ). PSBB tahap II tersebut berlangsung pada 6 Mei hingga 29 Mei 2020.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, secara tegas bahwa kepolisian mendukung kebijaksanaan oleh Pemprov Sumbar terkait dengan perpanjangan PSBB .

baca juga: Angkat Usaha Jasa Boga Catering Pilihan Konsumen, Fateta Unand Selenggarakan Fateta Food Award 2021

Toni menambahkan, tentunya sikap reaktif pihaknya dengan kegiatan-kegiatan kepolisian tetapi tetap humanis, menjadi jawaban untuk kegiatan perpanjangan PSBB ini.

"Tadi ditanya terkait dengan sanksi, kita tahu sudah ada Maklumat Kapolri, ada Undang-undang khusus masalah wabah, karena setiap masyarakat yang tidak mematuhi aturan dianggap sebagai penyebab tersebarnya wabah," katanya di Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (5/5/2020). Beberapa delik memang bisa dikenakan untuk menjerat orang yang tidak mematuhi aturan PSBB ini.

baca juga: Ketersediaan Darah Masih Minim, PMI Sumbar Upayakan Kerjasama dengan Semua Pihak

Selain itu, lanjutnya, untuk pembatasan jumlah kendaraan yang keluar dan masuk ke Sumbar sudah ditingkatkan dan sudah banyak dilakukan.

Ia juga menegaskan, untuk mudik juga dibatasi untuk antar kabupaten/kota, kita sudah menempatkan anggota di pos-pos perbatasan antar kabupaten/kota di dalam provinsi.

baca juga: Geopark Singkarak-Danau Kembar Ditetapkan Sebagai DTWU Terbaik Sumbar

"Menanggapi soal masjid yang kembali ramai, ini akan kembali dibahas bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pihak terkait lainnya," pungkasnya kemudian.

Editor: Muhammad Haikal