Tim Laboratorium UNAND Tes Swab Setiap Klaster

ilustrasi
ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tim laboratorium Universitas Andalas ( UNAND ) merasa tidak memiliki kendala selama melakukan uji swab dalam masa pandemi Covid-19.

Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran UNAND , dr. Andani Eka Putra mengatakan semua yang dibutuhkan untuk pengujian sampel tidak kurang saat ini "Kalau kendala kami tidak ada sejauh ini. Semangat tim masih seperti biasanya, karena ini merupakan tugas kemanusiaan yang harus kami lakukan," katanya saat melakukan konferensi pers online, Rabu 6 Mai 2020.

baca juga: Awas, Banyak Tes Antibodi Virus Corona Palsu Dijual Onilne

Ia mengatakan, untuk stok saat ini, pihaknya memiliki sebanyak 10 sampai 15 ribu regaen yang merupakan alat untuk pengujian swab tersebut "Kami saat ini fokus pada penyelesaian klaster-klaster yang ada di Sumatera Barat. Pasar Raya Padang kemarin meminta pengujian sebanyak 1000 sampel," lanjutnya.

Ia akan melakukan pengujian swab terhadap 1000 sampel yang diambil dari pedagang setelah itu yang hasilnya positif akan ditelusuri siapa saja yang pernah kontak langsung dengan pedagang itu. Sementara itu, untuk klaster yang ada di Padang Panjang menurutnya sudah dilakukan uji swab kepada sebanyak 300 sampai 350 sampel yang diserahkan oleh Dinas Kesehatan daerah terkait.

baca juga: Positif COVID-19 Kota Solok Kembali Bertambah

"Selain itu, klaster yang ada di Pesisir Selatan juga kami periksa sebanyak 300 sampai 350 sampel yang dikiriamkan ke kami dan hasilnya sudah kami keluarkan," lanjutnya.

Ia berharap, apa yang telah ia lakukan dengan timnya bisa membantu masyarakat untuk tidak tertular virus Corona .

baca juga: IBF 2020 : Protokol COVID-19, Faktor Kunci Kebangkitan Industri EO

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani