Dilanda Bencana Saat Corona, BPBD Sumbar Bagikan APD dan Logistik untuk Korban Banjir Mentawai

Wagub Sumbar memasang masker kepada Sikerei di Siberut, Mentawai
Wagub Sumbar memasang masker kepada Sikerei di Siberut, Mentawai (Istimewa)

MENTAWAI , KLIKPOSITIF - Disaat Sumatera Barat dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tangani wabah COVID-19, Kabupaten Mentawai beberapa hari lalu dilanda banjir di Kepulauan Siberut.

"Kami telah melihat langsung, kondisi warga sekaligus memantau pelaksanaan PSBB di Kabupaten Mentawai ," ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit disela-sela kunjungan meninjau lokasi banjir Siberut, Rabu (6/5).

baca juga: Seorang Pasien Positif COVID-19 Meninggal di RSUD Batusangkar, 8 Pasien Lainnya Masih Dirawat

Kedatangan rombongan provinsi dalam rangka menyalurkan bantuan berupa kain selimut, kain sarung, tikar untuk korban banjir dan beberapa Alquran untuk Masjid yang telah dijanjikan tahun lalu dan tahun ini tidak mungkin lagi bisa dalam tim Ramadan. Selain itu, tim juga memberikan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis.

"Saya menyampaikan hasil pesan pak Gubernur Irwan Prayitno agar kondisi warga Mentawai selalu sehat dan tertangani baik. Kita senang Siberut negatif wabah corona, semoga ini dapat kita pertahankan dengan sikap menjalankan protokol COVID-19 secara baik untuk saat ini," sebutnya.

baca juga: Pemkab Pessel Anggarkan Rp88,4 Miliar untuk Penanganan Covid-19, Ini Rincian Kegunaannya

Nasrul Abit juga sampaikan, dalam menghadapi wabah covid masyakat Mentawai selalu mawasdiri dengan selalu memperhatikan protokol COVID-19 dengan baik, jaga diri sendiri, keluarga dan orang lain.

" Dalam antisipasi penyebaran covid 19 , diharapkan setiap orang jika keluar rumah pakai masker, jaga jarak, jaga kebersihan diri dengan cuci tangan pakai sabun, tidak berkumpul-kumpul dalam jumlah yang banyak", ungkapnya.

baca juga: Hari Ini, 12 Warga Terpapar COVID-19 di Tanah Datar, Kasus Positif Aktif Jadi 315 Orang

Dalam kesempatan tersebut Wagub Nasrul Abit mencontohkan cara pemakaian masker kepada masyarakat Mentawai .

Hujan deras yang mengguyur sejak 30 April 2020 menyebabkan banjir di 5 Kecamatan di Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat.

baca juga: Kampung Bahari Nusantara Sungai Pisang Diyakini Masyarakat Bahari

Akibatnya, 2 rumah hanyut terbawa arus dan 1.796 rumah terendam banjir hingga 2,5 meter. Air masih menggenangi rumah warga hingga Sabtu 2 April 2020 malam.

"Ada 12 desa di 5 kecamatan itu yang terdampak, pagi ini air mulai surut namun masih ada rumah yang terendam hingga 1 meter," kata Kalaksa BPBD Kepulauan Mentawai , Novriadi beberapa waktu lalu. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir