Polresta Padang Ringkus 5 Pelaku Curas, Kasatreskrim: Satu Pelaku Napi Asimilasi karena COVID-19

Saat Penanganan YA di RS Bhayangkara Polda Sumbar
Saat Penanganan YA di RS Bhayangkara Polda Sumbar (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Satreskrim Polresta Padang berhasil mengamankan 5 pelaku pencurian dengan kekerasan ( Curas ), yang mana pelaku tidak segan-segan melakukan aksinya untuk melukai korbannya. Diketahui, para pelaku berinisial YA (20), MYP (22), RF (22), AP (19) dan R (23).

Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda mengatakan, penangkapan ke 5 pelaku Curas tersebut terungkap berdasarkan informasi dari masyarakat yang akan melakukan transaksi jual beli sepeda motor tanpa dilengkapi surat yang sah di SPBU Sawahan Timur, Kota Padang.

baca juga: WHO: Jangan Menyerah Lawan Pandemi

Mendapat informasi tersebut, tim yang dipimpin Aipda David Rico Darmawan melakukan pengintaian dan berhasil membekuk dua orang pelaku berinisial YA dan MYP, Kamis (7/5/2020) sekira pukul 22.30 WIB. Pada saat diamankan, keduanya mengendarai sepeda motor honda vario warna hitam dan membawa sepeda motor yg hendak dijual, yaitu jenis Suzuki Satria FU.

Rico menambahkan, setelah dilakukan interogasi, mereka mengakui telah melakukan pencurian kendaraan roda dua jenis Suzuki Satria FU di wilayah hukum Polsek Padang Barat dan juga melakukan pencurian dengan kekerasan ( Curas ) di wilayah hukum Polsek Padang Utara dengan tempat kejadian perkara (TKP) depan Puskesmas Alai Ampang.

baca juga: Pasien Positif COVID yang Meninggal Bertambah di Pessel, Total Jadi 17 Orang

"Dari hasil pengembangan, berhasil diamankan juga 3 orang rekannya RF, AP dan R di lokasi yang berbeda, yang sama-sama melakukan Curas . Modusnya mereka mencegat anak-anak dan mengancam menggunakan senjata tajam lalu mengambil sepeda motor," ujarnya.

Rico melanjutkan, pada saat diamankan YA mencoba kabur dan melakukan perlawanan, kemudian dilakukan tembakan peringatan dan berhasil dilumpuhkan dengan 1 tembakan di kaki sebelah kiri.

baca juga: Seorang Anggota DPRD Pasaman Barat Positif Corona

"Kemudian dilakukan penanganan di RS Bhayangkara Polda Sumbar. YA ini juga narapidana yang mendapatkan Asimilasi karena COVID-19," tuturnya.

Dari tangan pelaku diamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda Motor Satria FU hasil curanmor , satu unit Sepeda Motor Scopy dan Vario yang digunakan melakukan aksi Curas , serta satu bilah senjata tajam jenis Samurai yang digunakan pelaku untuk menakuti korbannya.

baca juga: Sempat Kabur Dalam Hutan, Pelaku Curanmor di Jalur Lintas Sumbar Riau Akhirnya Ditangkap

"Para pelaku masih dalam pengembangan Satreskrim Polresta Padang dan berkordinasi dengan Polsek jajaran Polresta Padang ," pungkasnya kemudian.

Editor: Muhammad Haikal