Lengkapi Kebutuhan APD, BPBD Sumbar Datangkan 15 Ribu Face Shield dan 7.500 Kacamata Googgle

Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman
Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Setelah mendatangkan 52.200 Alat Pelindung Diri berupa baju Hazmat berkelas premium, kemudian 2.316 unit alat penyemprot dan 46 ribu liter disinfektan beberapa hari yang lalu.

Hari ini (Jumat, 8 Mei 2020), Badan Penaggulangan Bencana Daerah Sumatera Barat (BPBD Sumbar) kembali kedatangan 15.000 Face Shield dan 7.500 kacamata googgle dari 20 ribu yang dipesan. Sementara sisanya sebanyak 12.500 akan datang dalam Minggu ini.

baca juga: WHO: Masih Ada Harapan untuk Mengendalikan Wabah COVID-19

Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman mengatakan, pengadaan itu untuk memastikan tenaga medis memakai APD lengkap dalam penanganan COVID-19. Sehingga resiko penularan bisa ditekan bagi tenaga medis.

"Kacamata akan didistribusikan ke rumah sakit- rumah sakit dan tempat karantina yang ada di Sumbar. Agar bisa dipakai oleh tenaga medis," ujarnya.

baca juga: KPK Cium Modus Dana Anggaran Penanganan COVID-19 Dipakai Buat Pilkada

Dijelaskannya, pendistribusian menunggu data dari Dinas Kesehatan Sumbar. Sebab secara teknis Dinkes lebih tahu proporsi dan kebutuhan masing-masing rumah sakit.

"Dinkes lebih paham secara teknis. Maksudnya rumah sakit nama yang butuh APD porsinya lebih banyak, itu datanya ada di Dinkes," ungkapnya.

baca juga: Jumlah Pasien Positif Corona Melonjak Jadi 74.018 Orang di Indonesia

Erman Rahman menerangkan, dengan jumlah dan persediaan APD saat ini bisa melengkapi kebutuhan selama dua bulan ke depan.

"Insyaallah dengan stok yang ada saat ini tidak ada rumah sakit atau tenaga medis yang kekurangan APD ," tukasnya. (*)

baca juga: Sekolah Tak Jadi Dibuka, Siswa SMA/SMK di Sumbar Belajar Virtual Mulai Senin Sore

Editor: Joni Abdul Kasir