Epyardi Asda Gelontorkan Bantuan Dana Zakat Senilai Rp5 Miliar

H. Epyardi Asda saat menyerahkan bantuan pada masyarakat di salah satu nagari di Kabupaten Solok
H. Epyardi Asda saat menyerahkan bantuan pada masyarakat di salah satu nagari di Kabupaten Solok (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Kendati sempat menuai polemik, mantan anggota DPR RI, H. Epyardi Asda terus bergerak menyalurkan bantuan sembako bagi warga masyarakat Kabupaten Solok yang terdampak virus Corona.

Bantuan yang berasal dari zakat keluarga sekitar Rp5 miliar memang sengaja disalurkan dalam bentuk sembako secara langsung pada masyarakat sehingga memang bisa tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya secara langsung.

baca juga: Dampak Pandemi, DAU Kabupaten Solok Dipangkas Rp21 Miliar

Sejauh ini, bantuan yang diberikan sudah tersampaikan sekitar 30 Nagari yang ada di kabupaten Solok dan akan disalurkan kepada seluruh nagari dengan tetap berpatokan pada standar protokol pencegahan COVID-19.

"Insya Allah, bantuan bagi warga kita yang terdampak ekonomi oleh wabah COVID-19 akan dituntaskan oleh tim sampai jelang lebaran Idul Fitri nanti," terang Epyardi Asda , Jum'at (8/5/2020) saat menyerahkan bantuan di Nagari Batang Barus, Koto Gadang Guguek, Air Batumbuk dan Simpang Tanjuang Nan Ampek

baca juga: Terus Bertambah, Ini Jumlah Kasus Meninggal Pasien Covid-19 di Kabupaten Solok

Pembagian bantuan juga didampingi langsung anggota DPR-RI, Athari Gauti Ardi yang juga anak kandung H. Epyardi Asda , Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, anggota DPRD Kabupaten Solok , Aurizal dan Etraneldi, mantan anggota DPRD Kabupaten Solok , Yondri Samin, Gusrial Abbas, perangkat nagari dan masyarakat.

Untuk menghindari kerumunan masyarakat yang sangat antusias menyambut bantuan yang diberikan, penyerahan bantuan juga turut didampingi oleh aparat kemanan dan tim gugus tugas COVID-19.

baca juga: Diciduk Polisi, Ternyata Ini Alasan Pelaku Hanya Bercelana Dalam Saat Gasak Kotak Amal Masjid

Bantuan yang diberikan tidak hanya berupa sembako komplit untuk kebutuhan dapur, namun juga ada bantuan sarung bagi keluarga untuk menjalankan ibadah di bulan puaso.

Meskipun gerakan sosial yang dilakukannya kerap dihubung-hubungkan dengan pesta demokrasi yang akan digelar di kabupaten Solok, Tapi Epyardi Asda tidak ambil pusing dengan opini yang dibangun.

baca juga: Hanya Pakai Celana Dalam, Dua Pria Terekam CCTV Gasak Kotak Amal Masjid di Solok

Menurutnya, apa yang dilakukannya murni sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang cukup kesusahan dalam masa ekonomi sulit ditengah wabah COVID-19 di Kabupaten Solok .

"Biarlah orang berpendapat semaunya, yang jelas saya ingin berbuat untuk masyarakat Solok. Mau ini di seret ke ranah politik atau kemanapun, tidak akan menghalangi niat saya," tegasnya.

Hubungan emosional H. Epyardi Asda dengan masyarakat kabupaten Solok memang sudah terjalin sejak lama. Tiga periode politisi PAN tersebut menjadi wakil masyarakat Solok dan Sumatra Barat di Senayan.

Dengan jumlah bantuan yang diberikan, Epyardi Asda menyadari memang belum sepenuhnya masyarakat bisa tersentuh tapi diprioritaskan bagi mereka yang memang betul-betul membutuhkan dan sudah di data oleh aparatur Nagari.

"Kita menyadari, tentu belum semua warga yang mendapatkan zakat dari kita, tetapi kita berharap bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat kita yang saat ini sedang dilanda musibah COVID-19," tutupnya.

Kegiatan penyaluran bantuan zakat berupa sembako dan lainnya memang sudah menjadi tradisi dari H. Epyardi Asda . Biasanya, masyarakat di jamu di kediamannya dan diberikan bantuan.

Namun karena saat ini tengah dalam wabah COVID-19, makanya penyalurannya langsung diberikan pada masyarakat. Tahun ini sudah masuk tahun ke 15 secara rutin menyerahkan bantuan zakat pada masyarakat.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin mengaku sangat mengapresiasi dengan adanya bantuan dan aksi nyata dari tokoh masyarakat Solok yang memberikan bantuan sembako bagi masyarakat kabupaten Solok.

"Alhamdulillah, ini salah satu bentuk kepedulian tokoh masyarakat kabupaten Solok yang sangat responsif dengan keadaan masyarakat ditengah wabah Corona, sangat membantu masyarakat," sebutnya.

Hal senada juga disampaikan Wali Nagari Batang Barus, Syamsul Azwar. Kehadiran Epyardi Asda ditengah wabah Corona sangat membantu masyarakat dan juga pemerintahan nagari.

"Ini bukti nyata kepedulian beliau terhadap masyarakat, tentunya, masyarakat sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan ditengah keterbatasan dalam berusaha saat wabah Corona," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi