Peduli Sesama, HBT Padang Gelar Donor Darah Ramadan 2020

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah foto bersama petinggi perusahaan yang ikut mendukung kegiatan Donor Darah Ramadan 2020 di GOR HBT Padang
Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah foto bersama petinggi perusahaan yang ikut mendukung kegiatan Donor Darah Ramadan 2020 di GOR HBT Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Padang menggelar aksi sosial Donor Darah Ramadan 2020 selama lima hari (sejak Jumat 8 hingga 12 Mei 2020) bertempat di GOR HBT Padang.

Ketua Panitia Donor Darah Ramadan Martin Makmur menjelaskan, aksi sosial tersebut dalam rangka membantu pasokan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan.

baca juga: PMI Sumbar Bantu 3000 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Pesisir Selatan

"Kegiatan rutin setiap tahun ini dalam rangka membantu pasokan darah di PMI Kota Padang," ungkapnya, Minggu malam (10/5).

Menurut Martin, walaupun dibulan puasa antusias warga untuk mendonor cukup tinggi. Dihari pertama saja sebanyak 151 pendonor, dari 151 tersebut 28 orang tidak memenuhi syarat. Hari kedua meningkat menjadi 174 orang, 30 orang tidak memenuhi syarat. Kemudian hari ketiga sebanyak 206 orang.

baca juga: Gubernur Sebut Pembangunan Tol Padang - Pekanbaru Untungkan Semua Pihak

Dijelaskannya, yang tidak memenuhi syarat kebanyakan mereka ingin donor namun sudah melewati batas umur pendonor yakni sudah melewati 50 tahun.

"Masyarakat sangat antusias untuk donor darah , mereka datang dari berbagai penjuru Kota Padang. Setiap tahun dari agenda rutin kami ini, jumlah pendonor terus meningkat," sebutnya.

baca juga: Ketersediaan Darah Masih Minim, PMI Sumbar Upayakan Kerjasama dengan Semua Pihak

Martin menyambut, sebagai ucapan terima kasih, pihaknya memberikan paket sembako kepada setiap pendonor. Dia juga berterima kasih kepada para sponsor yang ikut mensukseskan acara sosial tersebut.

"Kami juga di support oleh beberapa perusahaan, yakni, Klenteng See Hin Kiong, PSKP Santo Yusup Padang, PT. Agrimitra Utama Persada (SMS), PT. Menara Agung, PT. Vkool Indolestari dan PT. Titipan Kilat

baca juga: Kejar Target 50 Ribu Vaksinasi, PMI Sumbar Kembali Gelar Vaksinasi Massal

Padang," terangnya.

Sementara itu Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah yang hadir dalam kegiatan peduli sesama itu sangat mengapresiasi kepedulian HBT dan PMI dalam mencukupi kebutuhan darah di Kota Padang.

"Saya berterima kasih sekali kepada HBT, PMI dan sponsor kegiatan, apalagi di bulan puasa tetap berkontribusi," katanya.

Menurutnya, walaupun dalam kondisi COVID-19 tetap bisa bersinergi dan bekerja sama dalam meringankan beban orang lain. Hal tersebut sejalan dengan ajaran Islam tentang kepedulian saat Ramadan.

"Apalagi prosesnya dilakukan dengan Social distancing dan memberikan sembako kepada pendonor. Kami Pemerintah Kota Padang sekali lagi mengucapkan terima kasih," tutup Mahyeldi . (*)

Editor: Joni Abdul Kasir