Produksi Pertanian Tidak Terganggu, Stok Beras di Agam Cukup Hingga Tiga Bulan ke Depan

Persawahan di Palembayan Agam
Persawahan di Palembayan Agam (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF --Kepala Dinas Pertanian Agam Arief Restu mengklaim stok beras di wilayahnya cukup dalam beberapa bulan ke depan.

Ia menyimpulkan hal ini berdasar luas lahan dan kapasitas produksi Kabupaten Agam yang cukup besar.

baca juga: Harimau dan Beruang Masuk Kampung, BKSDA Agam Pasang Perangkap

"Stok beras kita cukup untuk 3 bulan ke depan, sentra produksi Agam cukup untuk memenuhi kebutuhan warga,"katanya, Senin 11 Mei 2020.

Arief mengatakan, luas areal persawahan di Agam mencapai 26 ribu hektare. Sementara, kapasitas produksi mencapai 5,4 ton perhektare.

baca juga: Hingga September Inflasi 1,32 Persen, BPS: Inflasi Inti Terendah Sejak 2004

"Banyak Kecamatan kita yang menjadi sentra seperti Lubuk Basung, Tilatang Kamang, Ampek Angkek dan beberapa Kecamatan lainnya,"ungkapnya.

Dengan demikian, stok beras di Agam dipastikan aman bahkan hingga 2 bulan setelah Lebaran. Selama wabah corona, kapasitas produksi pertanian di Agam tampak tak terganggu.

baca juga: Gagal di Perantauan, Pemuda Pariaman Ini Malah Sukses Kelola Penetasan Telor Ayam

Sejauh ini, Pemkab Agam sudah mengkonfirmasi sebanyak 14 kasus positif COVID-19, 10 diantaranya adalah petugas kesehatan.

Bupati Indra Catri menyebut petani harus dilindungi dari COVID-19, jangan sampai ada yang mengantar dan menjemput corona, caranya selain petani dilarang masuk ke areal pertanian .

baca juga: Harga Emas Naik Lagi, Makin Kokoh di Atas Rp 1 Juta Per Gram

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Eko Fajri