PERTAMINA

Program Cashback Saldo 50% dari Pertamina Mor I, Ojol: Alhamdulillah, Program Cashback Sangat Membantu

Program Cashback Saldo LinkAja dari 30-50 persen setiap harinya yang digulirkan oleh Pertamina Mor I, disambut baik oleh konsumen, terutama pengemudi Ojek Online (Ojol) dan sopir Angkot di Kota Padang, karena program cashback tersebut, dinilai mampu meringankan beban konsumen saat pandemi COVID-19.
Program Cashback Saldo LinkAja dari 30-50 persen setiap harinya yang digulirkan oleh Pertamina Mor I, disambut baik oleh konsumen, terutama pengemudi Ojek Online (Ojol) dan sopir Angkot di Kota Padang, karena program cashback tersebut, dinilai mampu meringankan beban konsumen saat pandemi COVID-19. (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Program Cashback Saldo LinkAja dari 30-50 persen setiap harinya yang digulirkan oleh Pertamina MOR I Medan, disambut baik oleh konsumen, terutama pengemudi Ojek Online (Ojol) dan sopir Angkot di Kota Padang, karena program cashback tersebut, dinilai mampu meringankan beban konsumen saat pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah, program Cashback hingga 50 persen itu sangat membantu sekali, apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini, pendapatan kami sebagai Ojol telah berkurang dari biasanya, bahkan mencapai 50 persen, karena kami tidak lagi diperbolehkan melayani penumpang," kata Muhammad Reza, salah seorang Ojol di Kota Padang, Satu, 8 Mei 2020.

baca juga: Kasus COVID di Pessel Bertambah 9 Orang, 5 Diantaranya Petugas RSUD Painan

Warga Olo Ladang, Kecamatan Padang Barat itu juga menyebut bahwa dirinya dan para Ojol lainnya, telah banyak memanfaatkan program Cashback Saldo 50 persen dari Pertamina MOR I tersebut. "Saya tiap hari memanfaatkannya, dan saya rasa kawan-kawan Ojol yang lain juga ikut memanfaatkannya, apalagi promo cashbacknya berlaku tiap hari," ujarnya

Pertamina Mor I melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum di ring 1 kantor MOR I dan ring 1 Fuel Terminal IMG Belawan
Pertamina Mor I melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum di ring 1 kantor MOR I dan ring 1 Fuel Terminal IMG Belawan

Selain Muhammad Reza, hal yang sama juga disampaikan oleh Erwin, sopir Angkot jurusan Pasar Raya-Indarung. Kata dia, promo Cashback dari Pertamina MOR I itu sudah sangat tepat sekali digulirkan, seiring adanya wabah COVID-19 yang disusul dengan pemberlakuan PSBB di Kota Padang yang telah dimulai sejak 22 April hingga diperpanjang sampai 29 Mei mendatang.

baca juga: Kenali 4 Tipe Masyarakat dari Cara Memakai Masker Covid-19, Anda yang Mana?

Pasalnya, dampak dari wabah COVID-19 dan diberlakukannya PSBB tersebut, telah membuat pendapatan sopir Angkot menurun, karena jumlah penumpang berkurang drastis, bahkan mencapai 70 persen. "Sebelum PSBB, pendapatan kami memang telah mengalami menurunan, karena pelajar dan mahasiawa diliburkan. Namun, penurunannya tidak begitu signifikan," katanya.

Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19 menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak COVID-19
Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19 menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak COVID-19

"Tapi sejak PSBB diberlakukan, pendapatan kami semakin jauh merosot. Jadi, dengan adanya promo Cashback Saldo hingga 50 persen tersebut, tentunya kami sebagai sopir Angkot, berterimakasih kepada Pertamina MOR I yang telah menggulirkan promo Cashback hingga 50 persen tersebut, khususnya bagi kami yang membeli BBM di SPBU yang terkoneksi dengan aplikasi MyPertamin," sambung Erwin.

baca juga: Seorang Warga Meninggal Dunia Dinyatakan Positif COVID di Pasbar

Sementara itu, Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Roby Hervindo mengatakan, selain Ojol dan sopir Angkot, promo Cashback ini juga berlaku bagi masyarakat umum, khususnya konsumen yang menggunakan aplikasi MyPertamina dengan Cashback Saldo yang diberikan 30 persen.

Masyarakat terdampak COVID-19 foto bersama dengan perwakilan Pertamina MOR I usai menerima bantuan sembako dari Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19.
Masyarakat terdampak COVID-19 foto bersama dengan perwakilan Pertamina MOR I usai menerima bantuan sembako dari Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19.

Roby menjelaskan, ada tiga program Cashback Saldo yang digulirkan Pertamina MOR I. Pertama, promo Cashback Berkah Ramadhan 30 persen atau maksimum Rp 20.000 pada transaksi pertama setiap hari. Program ini, sebutnya, berlaku untuk seluruh konsumen pengguna MyPertamina.

baca juga: Bertambah 13 Kasus, Positif COVID-19 Tanah Datar Total Jadi 167

"Cashback Berkah Ramadhan ini hanya untuk konsumen yang melakukan pembelian BBM jenis Pertamax Series (Pertamax dan Pertamax Turbo) dan Pertamina Dex di SPBU Pertamina yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina. Program ini telah dimulai pada 27 April hingga 31 Mei 2020," katanya.

Pertamina MOR I menyerahkan bantuan alat kesehatan untuk Posyandu dan Puskesmas
Pertamina MOR I menyerahkan bantuan alat kesehatan untuk Posyandu dan Puskesmas

Promo Cashback kedua, lanjut Roby, adalah program Cashback Angkot sebesar 50 persen. Kata Roby, program ini ditujukan kepada pengemudi Angkot dengan cashback sebesar 50 persen atau maksimum Rp 30.000 pada pembelian BBM jenis Pertalite dan Dexlite untuk 10.000 transaksi setiap hari di SPBU Pertamina yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina.

Periode program Cashback Angkot sebesar 50 persen ini berlaku dari 3 Mei hingga 31 Juli 2020. "Jadi, bagi sopir Angkot yang ingin mendapatkan program promo BBM, maka harus mengunduh aplikasi MyPertamina dan mengaktifkan fitur LinkAja. Cashback berlaku untuk 1 kali transaksi per hari," ujarnya.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah (tengah) menerima bantuan penanggulangan COVID-19 dari Pertamina Mor I
Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah (tengah) menerima bantuan penanggulangan COVID-19 dari Pertamina Mor I

Ketiga, lanjutnya, program Cashback 50 persen Ojol. Program ini diperuntukkan kepada pengemudi Ojol dengan cashback sebesar 50 persen atau maksimum Rp 15.000 pada pembelian BBM jenis Pertalite untuk 10.000 transaksi setiap hari di SPBU Pertamina yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina.

"Periode program ini juga berlaku dari 14 April 2020 hingga 31 Juli 2020. Sama dengan sopir Angkot, bagi Ojol yang ingin mendapatkan promo cashback saldo tersebut, juga harus mengunduh aplikasi MyPertamina dan mengaktifkan fitur LinkAja," beber Roby.

Pertamina Mor I menyerahkan bantuan aksi peduli tenaga medis Covid-19 untuk Rumah sakit Rujukan COVID-19 di Sumatera Barat.
Pertamina Mor I menyerahkan bantuan aksi peduli tenaga medis Covid-19 untuk Rumah sakit Rujukan COVID-19 di Sumatera Barat.

Penanggulangan COVID-19

Selain program cashback untuk membantu masyarakat, Pertamina MOR I juga melaksanakan program-program CSR untuk mendukung penanggulangan COVID-19. Berbagai kegiatan tersebut digelar di pelbagai daerah di dalam wilayah Pertamina MOR I yang meliputi Aceh, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri.

Untuk daerah Aceh, kata Roby, kegiatan yang telah dilakukan yaitu pemberian bantuan APD dan sembako yang disalurkan kepada Pemda Aceh pada 14 April kemarin, pembagian bantuan 1.050 paket sembako kepada warga ring 1 di 6 lokasi operasi pada 6 dan 17 April kemarin.

Untuk di Sumbar, Roby juga menyebut bahwa pihaknya juga ikut membantu Pemerintah Daerah Sumbar dalam menanggulangi COVID-19, yaitu pemberian bantuan APD yang telah diserahkan pada 9 April kemarin.

"Kemudian, juga ada pembagian 300 paket sembako kepada warga ring 1 di 2 lokasi operasi pada 6 dan 17 April, dan penyaluran bantuan alat kesehatan kepada anggota Satgas BUMN Peduli Sumbar pada 8 Mei kemarin," pungkas Roby.(*)

Editor: Riki Suardi