Pemko Pariaman Luncurkan SIPINTAR di Tengah Pandemi COVID-19

Louncing Aplikasi SIPINTAR
Louncing Aplikasi SIPINTAR (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Pemko Pariaman luncurkan aplikasi SIPINTAR (Sistem Informasi Pendaftaran) untuk pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) secara online tingkap SMP.

"Hari ini kita meresmikan PPDB Online Sipintar Masuk Sekolah untuk tingkat SMP se Kota Pariaman . Ini merupakan salah satu inovasi yang telah dilakukan oleh Disdikpora Kota Pariaman dan sekaligus untuk memutus rantai perkembangan COVID-19 di Kota pariaman ," ungkap Walikota Pariaman , Genius Umar, Senin 11 Mei 2020.

baca juga: Agam Tambah 11 Kasus Positif COVID-19, Terendah dalam Sepekan Terakhir

Lebih lanjut Genius katakan, dengan adanya sistem online, para orangtua dan anak - anak bisa mendaftar dari rumah dan tidak harus ke sekolah.

Diketahui, Disdikpora kota Tabuik itu telah menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua secara fisik di sekolah.

baca juga: Dua Warga Pessel Positif COVID-19, Masing-masing Warga Sutera dan Ranah Pesisir

Diketahui juga, PPDB pada jalur prestasi dilaksanakan berdasarkan akumulasi nilai rapor ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir, dan/ atau prestasi akademik dan non-akademik di luar rapor sekolah.

"Sebenarnya kami sudah menyiapkan jauh - jauh hari aplikasi ini untuk bisa digunakan pada penerimaan murid baru tahun 2020 karena Kota Pariaman telah menjadi Smart City, dan alhamdulillah dengan kedaan sekarang kita lebih yakin aplikasi ini sangat besar manfaatnya. Untuk itu kepada admin agar memberikan pelayanan yang terbaik agar mereka yang mendaftar merasa terbantu," ungkap wali kota.

baca juga: WHO: Obat Herbal untuk COVID-19 Diizinkan, Asal Lewat Pengujian

Sementara itu kepala Disdikpora Kanderi mengatakan, pendaftaran sudah langsung bisa dilakukan dengan online hari ini. Namun yang paling penting siapkan semua bahan untuk pendaftaran agar pendaftaran berjalan lancar dan admin juga akan membantu sebaik mungkin.

Untuk pendaftaran SMP ada melalui 4 (empat) jalur pendaftaran, yaitu jalur prestasi dengan persyaratan foto surat pernyataan terdaftar pada semester II kelas VI dari kepala sekolah, foto kartu keluarga (KK), foto sertifikat lomba/penghargaan/piagam tahfiz.

baca juga: Refly Harun Dorong KPU Ciptakan Aturan Baru Soal Pilkada

Untuk jalur zonasi syaratnya foto surat pernyataan terdaftar pada semester II kelas VI dari kepala sekolah, foto kartu keluarga (KK).

Jalur afirmasi persyaratannya foto surat pernyataan terdaftar pada semester II kelas VI dari kepala sekolah, foto kartu keluarga (KK), foto surat keterangan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dari Kelurahan/Desa dan terakhir jalur perpindahan orang tua dengan syarat foto surat pernyataan terdaftar pada semester II kelas VI dari kepala sekolah, foto kartu keluarga (KK), dan foto surat pindah tugas orangtua /surat keterangan domisili dari Kelurahan/Desa.

Tapi jangan sampai lupa sebelum mendaftar siapkanlah dokumen, dan pilihlah salah satu Jalur Pendaftaran.

Saat ini Pemerintah Kota Pariaman menyediakan kuota yang berlebih dari tahun sebelumnya sehingga semua masyarakat Kota Pariaman dan Luar kota bisa bergabung dan melanjutkan sekolah ke tingkat SMP. Ini merupakan salah satu program Pemko Pariaman yaitu wajib belajar 12 tahun untuk anak - anak Kota Pariaman .

Penulis: Rehasa | Editor: Rezka Delpiera