Kemenkumham Sumbar Gelar Upacara Pengambilan Sumpah/Janji Setia Kewarganegaraan RI

Upacara penbambilan Sumpah/Janji Setia Kewarganegaraan RI, Senin, 5 Mei 2020
Upacara penbambilan Sumpah/Janji Setia Kewarganegaraan RI, Senin, 5 Mei 2020 (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kantor Kementrian Hukum dan HAM ( Kemenkumham ) Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) melakukan pengambilan Sumpah/Janji Setia Kewarganegaraan RI pada Rajeshwar Mandal di ruang rapat Tuanku Imam Bonjol kantor Kemenkumham wilayah sekitar, Senin, 5 Mei 2020.

Upacara yang dilakukan via daring atau teleconference dengan Kantor Wilayah Jawa Timur itu dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah yang diwakili Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Sumbar, Amru Walid Batubara. Pada keguatan tersebut, hadir juga Kepala Bidang Pelayanan Hukum Rahmat Huda, Kasubbid Pelayanan Administrasi Hukum Umum Faisal Rahman, Kasubbid Pelayanan Kekayaan Intelektual Muhammad Farhan serta jajaran di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar.

baca juga: Pemprov Sumbar Beri Kesempatan Kerja bagi Penyandang Disabilitas

"Pada kesempatan ini perlu saya ingatkan bahwa, setelah Saudara mengucapkan sumpah dan pernyataan janji setia pewarganegaraan, Saudara wajib tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, berjanji akan berkorban untuk kemajuan negara Indonesia serta melepaskan segala kepentingan dengan negara asalnya," ucap Kadiv Yankum.

Upacara pemgambilan sumpah/janji setia tersebut dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, bahwa Keputusan Presiden mengenai pengabulan terhadap permohonan pewarganegaraan berlaku efektif terhitung sejak tanggal mengucapkan sumpah melepaskan seluruh kesetiaan kepada kekuasaan asing, mengakui, tunduk dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

baca juga: ACT Bantu UMKM Indonesia Bangkit Saat Pandemi, Gubernur Sumbar: UMKM Memang Butuh Dukungan

Ia juga mengingatkan bahwa setelah pernyataan sumpah setia ini, diharapkan wajib menyerahkan dokumen atau surat-surat keimigrasian yang dimiliki kepada Kantor Imigrasi dalam waktu paling lambat 14 (empat belas) hari terhitung sejak pengucapan sumpah setia.

"Terima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah Jawa Timur yang telah memfasilitasi pengambilan sumpah/janji setia kewarganegaraan melalui teleconference," ujarnya.

baca juga: Perang Kamang ke 113, Gubernur Sumbar: Ingatkan "Jas Merah"

Ia menjelaskan pengambilan sumpah/janji setia melalui teleconference ini merupakan mekanisme yang diambil untuk memutus rantai penularan Covid-19.

[Rilis]

baca juga: Dicap Tukang Acak Dagangan, Audy Joinaldy Minta Satpol PP Sumbar Lebih Humanis Saat Bertugas

Editor: Khadijah