Gugus Tugas COVID-19 Tanah Datar Buka Layanan Pengaduan Bansos, ini Ketentuannya

Ilustrasi
Ilustrasi (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tanah Datar membuka layanan pengaduan bagi masyarakat untuk melaporkan persoalan terkait bantuan sosial dari pemerintah.

"Untuk memfasilitasi pengaduan atau laporan masyarakat terkait bantuan sosial untuk masyarakat terdampak COVID-19, telah dibuka layanan komunikasi melalui WhatsApp di nomor 082287336364," ucap Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas COVID-19 Tanah Datar , Abrar di Batusangkar, Rabu 13 Mei 2020.

baca juga: Umrah Untuk WNI Kembali Dibuka, Ini Langkah Satgas Covid-19

Ia menyebut syarat pengaduan yang akan ditindaklanjuti oleh Gugus Tugas adalah membuat nama jelas, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nagari asal, pekerjaan, menggunakan bahasa yang baik, dan menyampaikan laporan pada pukul 09.00 - 14.30 Wib.

"Yang kita tindak lanjuti hanya memenuhi ketentuan tersebut, kurang saja satu poin, maka pengaduan tidak akan direspon sampai dilengkapi dulu," tutur Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar ini.

baca juga: Hari Ini Seorang Warga Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Tanah Datar, Dinkes : Capaian Vaksinasi Baru 29 Persen

Abrar menjelaskan mengapa syarat itu harus dipenuhi, karena dengan mencantumkan NIK saja pihaknya bisa menelusuri si pelapor apakah memang belum pernah atau ada menerima bantuan PKH, BLT, BST dan program bantuan lainnya.

"Khusus bantuan sosial COVID-19 ini memang diperuntukkan bagi masyarakat terdampak yang tidak menerima program bantuan lainnya dari pemerintah," tutur Abrar.

baca juga: Industri Sawit Punya Nilai Ekonomi Ratusan Triliun, Ini Langkah Pemerintah

Ia mengharapkan dengan adanya layanan pengaduan ini masyarakat bisa menyampaikan aspirasi langsung ke Gugus Tugas bukan di media sosial. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri