Polisi Amankan 91,5 Kilogram Ganja di Pasaman, Dua Pelaku Kabur ke Hutan

Pelaku bersama barang bukti ganja kering siap edar sekitar 91,5 Kilogram
Pelaku bersama barang bukti ganja kering siap edar sekitar 91,5 Kilogram (Polres Pasaman)

PASAMAN , KLIKPOSITIF - Sekitar 91,5 kilogram ganja kering siap edar, diamankan Satresnarkoba Polres Pasaman di Muara Cubadak dari seorang pelaku asal Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota berinisial ND (25), sekira pukul 10.30 WIB, Rabu (13/5/2020).

"Sebanyak 60 paket ganja kering dengan berat sekitar 91,5 kilogram kita amankan dari tangan pelaku ND," sebut Kapolres Pasaman , AKBP Hendri Yahya, Kamis (14/5/2020).

baca juga: Hendak Bertransaksi Dengan Calon Pembeli, Pengedar Sabu di Pasbar Dibekuk Polisi

Ia mengatakan, meski di tengah pandemi corona para pelaku penyalahgunaan narkoba tetap nekat melakukan aksinya. Penangakapan itu berdasarkan informasi dari masyarakat.

Lanjutnya, personel Polres Pasaman tengah piket di Pos Operasi Ketupat di Jorong VIII Muara Cubadak, Kenagarian Padang Mentinggi, Kecamatan Rao mendapat informasi dari masyarakat sekitar pukul 10.15 WIB kemaren.

baca juga: Kapolri Nyatakan Polisi Terjerat Narkoba Harus Hukuman Mati

"Anggota kita mendapatkan informasi bahwa ada orang membawa karung mengitari sungai dari arah Muara Sipongi ke arah Muara Cubadak. Diduga membawa narkotika jenis ganja kering ," katanya.

Mendapat informasi itu, petugas langsung bergerak cepat ke lokasi. Personel Satresnarkoba yang dipimpin Kasat Resnarkoba Iptu Syafri Munir melakukan penyisiran di sepanjang jalan di Muara Cubadak itu.

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

Dari hasil penyisiran itu, sekira pukul 10.30 Wib, petugas melihat satu unit mobil sedang parkir. Setelah didekati, ternyata ada karung berisi daun ganja kering sehingga petugas langsung bertindak melakukan penangkapan.

"Sayang, dua pelaku lainnya berhasil melarikan diri dari kejaran petugas dan kabur ke arah hutan dekat lokasi," terangnya.

baca juga: Selundupkan Puluhan Paket Ganja Kering, Warga Sumatera Selatan Diringkus Polisi di Pasaman

Dalam penangkapan itu, polisi berhasil mengamankan ND (25), warga Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Dari tangan ND ditemukan satu karung berisi 9 paket besar daun ganja kering .

Kemudian, pelaku bersama barang bukti langsung digelandang ke Mapolres untuk diinterogasi. Dari introgasi itu, pelaku mengaku masih memiliki puluhan paket ganja lainnya.

"Personel kembali melakukan penyisiran di sekitar lokasi penangkapan dan menemukan sisa barang bukti yang disembunyikan pelaku didekat semak di pinggir sungai sebanyak 51 paket besar," jelasnya.

Total keseluruhan BB narkotika jenis ganja kering sebanyak 60 paket besar itu dengan berat sekitar 91,5 kilogram.

Selain mengamankan barang bukti dan tersangka, pihaknya juga mengamankan satu unit mobil kijang warna abu abu yang digunakan pelaku untuk membawa barang haram itu. Saat ini barang bukti dan pelaku telah diamankan di Mapolres Pasaman .

"Tersangka sudah diamankan untuk pengembangan lebih lanjut. Sementara, terhadap dua pelaku lainnya yang melarikan diri itu, anggota kita masih melakukan pengejaran. Semoga mereka segera tertangkap," ujarnya.

Pelaku dijerat pasal 115 ayat (2) subs 114 ayat (2) subs pasal 111 ayat (2) subs psl 132 ayat (1) UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman bisa seumur hidup atau paling lama 20 tahun atau serendah rendahnya 5 tahun bahkan bisa ancaman mati.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera