Wali Kota Sebut 10 Ribu UMKM di Padang Terdampak COVID-19

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah
Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah (Humas Pemko Padang)

PADANG , KLIKPOSITIF - Pandemi COVID-19 telah berdampak ke berbagai sektor, mulai dari perekonomian, sosial dan yang pasti kesehatan.

Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) yang ada di Kota Padang tentunya juga ikut terdampak karena mulai menurunnya daya beli masyarakat.

baca juga: Pemerintah Luncurkan Penjaminan Kredit Modal Kerja UMKM

"Pelaku UMKM yang ada di Kota Padang yang terdampak ini kita perkirakan sebanyak 10 ribu," kata wali Kota Padang , Mahyeldi Ansharullah.

Karena dampak tersebut, sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat, ia khawatir pasca pandemi COVID-19 ini para pelaku UMKM akan menerima pinjaman dari pihak lain dengan sistem bunga.

baca juga: Sejak Normal Baru, Satpol PP Padang Terus Lakukan Sosialisasi di Lokasi Keramaian Hingga Penindakan

"Bisa saja nanti akan ada pihak yang memanfaatkan situasi seperti menawarkan pemberian bantuan modal bagi masyarakat, namun dengan sistem bunga," katanya.

Untuk meminimalisir hal tersebut, ia mengatakan bahwa pihaknya akan memanfaatkan zakat, infaq dan sedekah untuk permodalan UMKM kembali.

baca juga: Selama Pandemi, Satpol PP Padang Proses 30 Pelanggar Perda

"Alhamdulillah, dalam menangani dampak COVID-19, kita punya Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) dan juga sudah menghimpun sebanyak 10 lembaga 'charity' untuk memback up hal itu nantinya."lanjutnya.

Ia mengatakan, saat ini KSPPS di Kota Padang sudah tersedia di setiap kelurahan yang berjumlah 104 unit. Dengan begitu, pelaku UMKM bisa melakukan peminjaman modal dengan cara syariah dan cepat.

baca juga: Belajar dari YouTube, Umpan Ikan Metal Jig Buatan Muhammad Iqbal Tembus Pasar Zona Indonesia Tengah

"Saat ini keseluruhan aset di KSPPS kurang lebih sebanyak Rp45 miliar dan itu akan bisa dimanfaatkan juga untuk mengatasi dampak ekonomi pasca pandemi COVID-19 ini," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi