Pertahankan Nol Kasus COVID-19, Pemko Sawahlunto Usulkan 500 Sampel Swab Untuk Dites

Walikota Sawahlunto Deri Asta
Walikota Sawahlunto Deri Asta (Klikpositif/Haikal)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Sawahlunto terus berupaya mempertahankan tetap steril (zero) dari kasus COVID-19. Dalam waktu dekat ini Pemko dengan dukungan Pemprov Sumbar juga akan menggelar tes swab dengan sampel diusulkan sebanyak 500 orang.

Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, test swab dilakukan guna memastikan bahwa memang tidak ada warga di Sawahlunto yang terinfeksi COVID-19.

baca juga: Beda Dari Biasa, Ini Rekomendasi Lomba HUT RI 17 Agustus di Masa Pandemi

"Sebelumnya, kita sudah melaksanakan 2 tahap tes swab ini, dimana untuk tahap I sejumlah 55 orang sample kemudian tahap II sejumlah 56 sample. Alhamdulillah hasilnya telah keluar, semuanya dinyatakan negatif," sebut Walikota Deri Asta, dalam keterangan persnya di Balaikota Sawahlunto , Jum'at (15/5/2020).

Deri menambahkan, untuk sasaran sampel yang telah dilakukan tes swab tersebut, Orang Dalam Pemantauan (ODP), petugas medis di RSUD Sawahlunto dan Puskesmas-puskesmas, sampai petugas gabungan di posko perbatasan.

baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Beda Karantina dan Isolasi

Sementara itu, jika tes swab massal untuk 500 orang sampel tersebut nanti jadi dilaksanakan, maka akan menyasar pada masyarakat yang termasuk dalam kategori Pendatang Perjalanan dari Daerah Terjangkit (PPT) dan beberapa perwakilan masyarakat lainnya.

"Mereka yang masuk kategori Pendatang Perjalanan Dari Daerah Terjangkit (PPT) ini adalah sejumlah masyarakat yang masih bolak - balik ke daerah zona merah seperti Kota Padang dan lainnya. Maka untuk memastikan mereka steril COVID-19, kita masukkan mereka sebagai sampel tes swab nanti," ujarnya.

baca juga: Ini Pesan Jokowi di Kongres Gerindra

Kepastian kapan tes swab massal ini diselenggarakan, sampai saat ini masih menunggu konfirmasi dari pihak Pemprov Sumbar . Namun yang jelas, Pemprov sudah menyetujuinya.

Editor: Muhammad Haikal