Kasus COVID-19 di Kotobaru Solok, 60 Orang Negatif, 3 Orang Uji Ulang

Jubir tim Gugus penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam
Jubir tim Gugus penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam (Ist)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Setelah melalui uji laboratorium, seluruh tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arosuka Solok dinyatakan negatif Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Menurut Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Solok , H. Gusmal melalui Juru Bicara, Syofiar Syam, hasil tes swab terhadap tenaga kesehatan tersebut telah dikeluarkan pihak laboratorium Unand pada tanggal 20 dan 21 Mei 2020.

baca juga: Pulang Kampung ke Solok, Audy Joinaldy Silaturahmi dengan Pers

"Kemarin, hasilnya 29 orang dinyatakan negatif, dan menyusul sisanya yang dua orang lagi tadi juga dinyatakan negatif," ungkap Syofiar Syam, Kamis (21/5/2020) melalui teleponnya.

Sementara itu, terhadap 32 orang warga yang juga menjalani tes swab, sejauh ini sebanyak 29 orang sudah dinyatakan negatif, sementara 3 orang lainnya akan dilakukan pemeriksaan ulang oleh pihak laboratorium.

baca juga: Pulang dari Palembang, Warga Solok Positif Covid-19

Sebelumnya, sebanyak 63 orang menjalani tes swab setelah sebelumnya memiliki riwayat kontak dengan pasien Positif COVID-19 asal Nagari Kotobaru, Kabupaten Solok berinisil B (69).

Pensiunan Pegawai Negri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Solok tersebut diketahui positif COVID-19 sehari setelah proses pemakaman dilakukan oleh pihak keluarga tanpa prosedur COVID-19.

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

Sebagai tindakan preventif, tim gugus tugas langsung mengisolasi sebanyak 31 tenaga kesehatan di RSUD Arosuka yang memiliki riwayat kontak dengan pasien B serta menutup sementara layanan di RSUD Arosuka.

Tidak hanya tenaga kesehatan, puluhan warga nagari Kotobaru yang memiliki riwayat kontak dengan korban juga menjalani pemeriksaan atau tes swab.

baca juga: Ratusan Tenaga Medis dan Guru di Kota Solok Ikuti Tes Swab

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi