Pandemi Covid-19, PNP Buka Pendaftaran SBMPN 2020 dengan Sistem Seleksi Portofolio

PNP buka penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPN
PNP buka penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPN (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) tahun akademik 2020 resmi dibuka oleh Politeknik Negeri Padang (PNP). Pembukaan SBMPN oleh perguruan tinggi vokasi itu, akan berlangsung hingga 25 Juni mendatang.

Direktur PNP Surfa Yondri mengatakan, SBMPN adalah jalur seleksi masuk Politeknik Negeri yang dulunya disebut Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). Meski begitu, Surfa Yondri menyebut bahwa mekanisme pendaftaran SBMPN tidak banyak berbeda dengan UMPN.

baca juga: Beda Dari Biasa, Ini Rekomendasi Lomba HUT RI 17 Agustus di Masa Pandemi

"Seleksinya sama dengan SNMPN dan bisa diikuti oleh lulusan SMA, SMK, MA, dan lulusan Kejar Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020," kata Surfa Yondri dalam sosialisasi SBMPN Tahun 2020 yang dilakukan secara daring via aplikasi Zoom, Kamis (21/5/2020).

Lebih lanjut Surfa Yondri menyebut meski mekanisme penerimaannya sama dengan SNMPN, namun sistim penerimaan mahasiswa baru untuk jalur SBMPN agak berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, karena menggunakan sistim seleksi portofolio.

baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Beda Karantina dan Isolasi

Sistim tersebut dilakukan, karena wabah Covid-19 membuat pemerintah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSPBB). "Penjaringan mahasiswa secara portofolio. Calon peserta wajib mengunggah(meng-upload)data prestasi mulai dari semester 1-6," ujarnya.

Orang nomor satu di PNP itu juga memaparkan jumlah kuota/kursi yang disediakan PNP untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021. Untuk jalur SBMPN, kata dia, jumlah kursi yang disediakan 601 kursi. Kemudian jalur Seleksi Bersama perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 153 kursi.

baca juga: Ini Pesan Jokowi di Kongres Gerindra

Sedangkan untuk jalur Saleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPN) sebanyak 428 kursi dan Seleksi Mandiri 370 kursi. "Jadi total kursi yang disediakan untuk tahun ajaran baru ini sebanyak 1552 kursi yang tersebar di 55 kelas dari 22 program studi yang ditawarkan PNP," beber Surfa Yondri.

Kemudian terkait alur pendaftaran SBMPN, Wakil Direktur 1 PNP Revalin Herdianto yang ikut dalam sosialisasi SBMPN via aplikasi Zoom itu menjelaskan bahwa peserta cukup melakukan registrasi dengan memasukkan NISN, e-mail, dan 3 pilihan prodi yang ada di 2 pilihan politeknik yang diminati.

baca juga: Ada Penambahan 27 Positif COVID-19 di Sumbar per 8 Agustus

Calon mahasiswa kemudian melakukan pembayaran pendaftaran, selanjutnya login dengan memasukkan kata sandi guna mendapatkan hak akses dan melakukan pengisian data untuk proses finalisasi. "Sebagai panduan program studi, calon mahasiswa dapat melihat pada web: https://penerimaan.pnp.ac.id," katanya.

"Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SBMPN, dapat diakses melalui laman https://sbmpn.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan kepada peserta setelah melakukan registrasi dan pembayaran biaya pendaftaran," imbuhnya.

Sebelumnya, Selasa, 19 Mei 2020, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud bersama Forum Politeknik Negeri Se-Indonesia secara resmi membuka Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 melalui video conference.

Dalam peresmian tersebut, Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto mengingatkan agar calon mahasiswa menjadikan pendaftaran kuliah ini sebagai momen untuk menentukan dan meneguhkan passion 'minat dan bakat' serta menetapkan cita-cita hendak menjadi apa setelah tamat kuliah.

"Jadi kepada calon mahasiswa politeknik, saya berpesan agar memilih program studi yang diinginkan dan memiliki visi yang jelas di Politeknik yang sudah dikenal, dan tidak perlu ikut-ikutan teman," kata Wikan Sakarinto saat peresmian pendaftaran SBMPN.(*)

Editor: Riki Suardi