Ketua DPRD Dharmasraya: Masyarakat Jangan Abaikan Protokol Kesehatan Selama Lebaran

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

DHARMASRAYA , KLIKPOSITIF - Dalam suasana lebaran, Ketua DPRD Dharmasraya Paryanto mengingatkan agar masyarakat Dharmasraya tidak mengabaikan protokoler kesehatan penanganan COVID-19 saat merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah.

"Saat ini bangsa Indonesia dan Kabupaten Dharmasraya khususnya sedang berhadapan dengan masalah yang cukup berat yakni pandemi Covid-19. Dimana setiap hari terjadi pertambahan pasien Covid-19," katanya.

baca juga: Harimau Sumatera yang Masuk Perangkap di Padang Pariaman Diberi Nama Ciuniang Nurantih

Berdasarkan realita yang ada di lapangan, ia mengungkapkan masih banyak warga yang tidak mematuhi protokoler kesehatan, seperti tidak pakai masker, berkerumun atau masih banyak yang berombongan pergi lebaran.

"Kita sungguh-sungguh miris melihat kondisi tersebut, seakan-akan masyarakat beranggapan dengan datangnya hari Raya Idul Fitri, semua ancaman virus COVID-19 hilang seketika dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi," tegas Paryanto.

baca juga: Pandemi COVID-19, Momentum Transisi ke Energi Terbarukan

"Perlu saya tegaskan, anggapan itu sangat salah dan masyarakat harus tetap waspada terhadap penyebaran virus tersebut, yang kita khawatirkan, usai lebaran karena warga banyak yang tidak mematuhi protokoler kesehatan, maka kasus COVID-19 akan bertambah," ungkapnya.

Melihat fenomena tersebut, ia mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dalam penyebaran virus Covid-19, jangan sampai lengah atau lalai.

baca juga: Ahli Sebut Indonesia Gagal Kendalikan Wabah COVID-19, Kenapa?

"Kita tidak ingin dari hari ke hari warga kita yang kena virus COVID-19 makin meningkat," harap Pariyanto.

Menurutnya hakikat Idul Fitri merupakan perayaan kemenangan iman dan ilmu atas nafsu di bulan Ramadan, setelah berhasil mengalahkan nafsu tersebut maka semua akan kembali ke fitrah.

baca juga: Tahun Ajaran Baru Dimulai, Waspadai Klaster COVID-19 Baru

"Disamping itu merayakan hari Raya Idul Fitri juga merupakan momentum untuk menyempurnakan hubungan vertikal dengan Allah dan secara horizontal membangun hubungan sosial yang baik sesama manusia dengan demikian diharapkan kita kembali kepada fitrah," urai Pariyanto.

Penulis: Ivan Rionaldo Lutfie | Editor: Rezka Delpiera