Dukung New Normal, Alwis: Masyarakat Harus Segera Beradaptasi

Sekdaprov Sumbar Drs. Alwis
Sekdaprov Sumbar Drs. Alwis (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Drs. Alwis mendukung New Normal atau tatanan kehidupan yang baru untuk membiasakan hidup hidup sehat ditengah Pandemi COVID-19.

"Perlu beradaptasi dan memulai "new normal" tersebut. Terutama bagi pegawai di masing-masing dinas," ujarnya, Selasa, 26 Mei 2020.

baca juga: Deteksi COVID-19, Pemkab Solok Lakukan Pool Test pada 30 Kluster

Untuk itu dia mengintruksikan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumbar untuk mengatur dan membuat panduan agar tetap menjaga dan kampanye aktif mengikuti protokol kesehatan di dinas masing-masing.

Membentuk Tim Penanganan COVID-19 di tempat kerja yang terdiri dari pimpinan, bagian kepegawaian, bagian K3 dan petugas kesehatan yang diperkuat dengan surat keputusan dari pimpinan tempat kerja.

baca juga: Kabar Baik, Satu Lagi Pasien COVID-19 Asal Bukittinggi Sembuh di RSAM

"Yang terpenting pimpinan memberikan kebijakan dan prosedur untuk pekerja melaporkan setiap ada kasus dicurigai COVID-19 baik di dinas maupun perusahaan. Segera melakukan pemantauan oleh petugas kesehatan," tutur Alwis .

Menurutnya, dunia kerja di Sumbar harus berjalan agar perekonomian bisa bangkit. Bahkan sudah ada Kementerian Kesehatan telah menerbitkan panduan untuk bekerja di situasi New Normal.

baca juga: Lakukan Tes Corona Mandiri, Mahasiswi Asal Sumbar Terkonfirmasi Positif COVID-19

Panduan itu tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

"Ini langkah pemerintah bagaimana virus dapat dikendalikan, perekonomian kembali bangkit," tukasnya. (*)

baca juga: Alasan Keselamatan, Belajar Tatap Muka di Lima Puluh Kota Diundur

Editor: Joni Abdul Kasir