Manfaatkan Teknologi, Kunjungan Lebaran Lapas di Lima Puluh Kota Digelar Virtual

Salah seorang warga binaan di LPKA saat melakukan video call bersama keluarganya dan disaksikan oleh Kepala LPKA Tapianus A. Barus.
Salah seorang warga binaan di LPKA saat melakukan video call bersama keluarganya dan disaksikan oleh Kepala LPKA Tapianus A. Barus. (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA, KLIKPOSITIF -

Momen lebaran Idulfitri menjadi waktu yang dimanfaatkan orang untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga. Namun hal ini tidak dapat dilakukan oleh sebanyak 74 warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dan Wanita di Tanjung Pati.

Hal ini disampaikan Kepala LPKA Tanjungpati Tapianus A. Barus didampingi Kasi Registrasi Agusman dan Kasi Pembinaan Masri dan Kasi PPD Darisman, Selasa 26 Mei 2020 saat mendampaingi proses tersebut. Ia menjelaskan sejak Pandemi COVID-19, kunjungan secara langsung di LPKA dihentikan.

baca juga: Ada yang Protes Terkait Diperpanjangnya Masa Belajar Siswa di Rumah, Ini Jawaban Wako Payakumbuh

"Namun kunjungan ini kita ganti dengan menggunakan teknologi saat ini yaitu video call. Sehingga bagi warga binaan yang ingin bertemu keluarganya maka harus mendaftar untuk melakukan video call. Begitu juga saat lebaran ini, kami berikan kesempatan agar warga binaan dapat bersilaturahim dan mengucapkan selamat lebaran dengan keluarganya," kata Tapianus A. Barus.

Ia menjelaskan untuk durasi video call, pihaknya memberikan waktu selama 15 menit hingga 20 menit per orangnya. Namun per harinya hanya diberikan kesempatan kepada belasan orang warga binaan, hal ini mengingat durasi kunjungan yang juga dibatasi.

baca juga: KPN Husada Syariah RSUD Adnaan WD Wakili Payakumbuh untuk Lomba Koperasi Tingkat Sumbar

"Untuk kegiatan di sini, warga binaan sebelumnya juga mendapatkan pendidikan lewat paket A, B, dan C. Kemudian juga berkegiatan di Gugus Depan yang beberapa waktu lalu ikut kegiatan nasional di Pulau Jawa. Tapi saat Pandemi ini kegiatan tersebut kita ganti dengan kegiatan lainnya yang tidak mengumpulkan orang banyak," katanya.

Sementara itu, penggunaan video call untuk pengganti kunjungan saat lebaran ini sebelumnya juga telah dilakukan. Dimana LPKA telah menyiapkan laptop atau komputer yang terhubung dengan jaringan internet dan web camera serta perangkat lainnya.

baca juga: Tersedia di MPP Payakumbuh, Layanan Perpanjangan SIM Diminati Warga

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani