Disiplinkan Masyarakat, Payakumbuh Turunkan Puluhan Personel Gabungan

Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 langsung bergerak untuk tegakkan PSBB di Pasar Payakumbuh
Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 langsung bergerak untuk tegakkan PSBB di Pasar Payakumbuh (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -Pasca penetapan 4 provinsi (termasuk Sumbar) untuk penerapan pendisiplinan masyarakat selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe gelar apel besar di Payakumbuh , Selasa 26 Mei 2020. Hal ini juga menyusul adanya perintah dari Danrem 32/Wirabraja untuk menegakkan aturan dalam PSBB di Provinsi Sumbar.

Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe mengatakan ada 7 kelompok yang dibagi untuk sosialisasi penggunaan masker dan physical distancing. Kemudian juga dilakukan penindakan kepada warga yang masih bandel dengan tidak menggunakan masker ke luar rumah atau ke pasar.

baca juga: UMSB Bantu Tempat Cuci Tangan di Kampung Sarugo Koto Tinggi Lima Puluh Kota

"Untuk pelaksanaan hari ini di bagi 7 kelompok, titik yang kita amankan seperti Pasar Ibuh, Pasar Kanopi Barat, Pasar Kanopi Timur, Toko Swalayan Budiman Baru, Toko Swalayan Budiman Lama, Toko Swalayan Niagara, dan Toko Swalayan Mulia," kata Dandim 0306/50 Kota.

Ia menjelaskan dalam kegiatan tersebut tercatat sebanyak 57 personal diturunkan. Dimana puluhan personal tersebut terdiri dari Kodim 15 orang, Yonif 131/brs 10 orang, Polres 17 orang dan Satpol PP 15 orang.

baca juga: Izin Tinggal WNA di Lima Puluh Kota Diperpanjang Otomatis, Ini Alasannya

"Tim gabungan akan terus aktif menghimbau kepada seluruh warga Kota Payakumbuh agar mengikuti protokol kesehatan COVID-19 seperti jaga jarak, pakai masker, menggunakan hand sanitizer, selalu cuci tangan, dan lebih baik banyak di rumah saja karena orang tanpa gejala (OTG) ramai berkeliaran," ujarnya.

Lebih lanjut, Letkol Kav Ferry Lahe menjelaskan angka positif Corona saat ini sedang mengalami peningkatan. Sehingga berbagai upaya dilakukan untuk menekan penyebaran virus berbahaya tersebut dan terus mengajak masyarakat untuk disiplin menjaga kesehatan di tengah pandemi ini.

baca juga: Ratusan Massa Payakumbuh dan Lima Puluh Kota Bakal Ikuti Aksi Penolakan RUU HIP di Padang

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Payakumbuh Devitra mengatakan dirinya siap menerima laporan bila warga mendapatkan adanya aktivitas keramaian dan tidak mematuhi protokol COVID-19. Sehingga ia mengimbau warga juga ikut pro aktif dalam mengawal dan menjalankan agar PSBB di Payakumbuh dapat berjalan dengan lancar.

"Kita siap menindak yang masih tidak taat aturan. Sebab ini demi keselamatan bersama, kita berharap warga juga kooperatif dengan tim gabungan," kata Kasatpol PP dan Damkar Payakumbuh .

baca juga: Masuk Nominasi API 2020, Begini Pesona Kampung Wisata Sarugo di Koto Tinggi Lima Puluh Kota

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera