8 Petugas Lapas Muaro Sijunjung Positif COVID-19, 253 Orang yang Kontak Diambil Swab

Ilustrasi Tes Swab
Ilustrasi Tes Swab (Klikpositif/Haikal)

SIJUNJUNG , KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung Rizal Efendi mengatakan, hasil laporan yang dikeluarkan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dengan nomor surat 547/05 /PDRPI-FK/2020 tanggal 26 Mei 2020, menyatakan 8 orang positif terkonfirmasi COVID-19. Ke 8 orang yang positif tersebut, merupakan petugas Lapas Kelas II Muaro Sijunjung .

"8 orang yang positif sudah dijemput petugas dan langsung dikarantina di BKPSDM Provinsi Sumatera Barat ," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Rabu (27/5/2020). Sementara, untuk warga binaan sendiri, telah dilakukan tes swab sebelumnya dan dinyatakan negatif.

baca juga: Dugaan Pakar: Virus Corona Sudah Ada Bertahun-tahun Tapi Tidak Aktif

"Hari ini, akan diambil sampel swab 253 orang dari keluarga yang terkonfirmasi. Seluruhnya telah dilakukan isolasi mandiri dan diawasi oleh Puskesmas Gambok," ujarnya.

Rizal melanjutkan, mereka yang positif diduga terpapar karena banyak melakukan perjalanan ke berbagai wilayah. Mereka ada yang melakukan perjalanan ke Padang, Pariaman, Dharmasraya, dan daerah lainnya.

baca juga: Kalung Anti Corona, DPR: Jika Bantuan Pemerintah Akan Kuras APBN

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik. Selalu terapkan protokol kesehatan, tingkatkan imunitas tubuh, gunakan masker jika keluar rumah, jaga jarak, selalu cuci tangan menggunakan sabun.

Menanggapi perbedaan jumlah yang positif dari Gugus Tugas COVID-19 Propinsi Sumatera Barat yang menyampaikan 7 warga Sijunjung yang positif, Rizal menjawab mungkin Pemprov belum mendapatkan surat tersebut.

baca juga: Bertambah 55 Orang, RSD Wisma Atlet Rawat 754 Pasien Positif Corona

"Kita dapat pengumuman resmi dari Unand 8, tapi mungkin provinsi mungkin dapatnya belum lengkap tadi pagi," pungkasnya kemudian.

Editor: Muhammad Haikal