16 Kabupaten/Kota Setuju, Wagub Sumbar: Kemungkinan PSBB Diperpanjang

Wagub Sumbar Nasrul Abit
Wagub Sumbar Nasrul Abit (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyampaikan, ada kemungkinan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) diperpanjang hingga 12 Juni atau diakhiri sampai 29 Mei lusa.

Dari hasil rapat dengan 19 kabupaten dan kota, 16 daerah setuju PSBB diperpanjang. Itu artinya akan ada PSBB Jilid III. Namun keputusan itu belum final, sebab akan dilakukan kajian apakah diperpanjang atau tidak.

baca juga: Hari Ini Kabupaten Solok Tambah 7 Kasus Baru COVID-19, Rekor Terbanyak Selama Pandemi

"Sore ini kami rapat, besok diputuskan bersama Bupati/Walikota apakah diperpanjang atau tidak," jelasnya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Rabu, 27 Mei 2020.

Kemudian juga dilakukan kajian akademis dengan berbagai pertimbangan, salah satunya soal keinginan pusat mengirimkan bantuan TNI-Polri ke provinsi tersebut.

baca juga: Riset Baru Ungkap Terserang Flu Biasa Bisa Latih Tubuh Hadapi Covid-19

"Jadi begini, New Normal kan baru wacana, kami tentu mencarikan jalan terbaik. Kalau PSBB tidak diperpanjang tentu orang keluar masuk Sumbar bebas, artinya akan ada potensi penularan COVID-19 lebih banyak lagi. Sementara grafik kasus positif COVID-19 terus meningkat hingga saat ini," terangnya.

Dia menyebutkan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan langkah terbaik untuk menangani kasus COVID-19 di Sumbar. Dilema, jika orang dibiarkan masuk menambah penularan, sementara yang telah masuk dibatasi keluar akan berpengaruh kepada mata pencaharian mereka di dalam.

baca juga: Bukittinggi Tambah 1 Pasien Positif COVID-19, Total 21 Kasus

"Kita harus siap dan perlu kajian matang, soal pemulihan ekonomi pusat juga akan membantu. Kami ingin PSBB tetap lanjut dan New Normal yang untuk penggerak ekonomi tetap berjalan. Bukittinggi sudah punya sikap akan membuka berbagai sektor seperti pariwisata dan sekolah, tetapi mereka menjamin protokol kesehatan berjalan pada setiap sektor itu," ungkapnya menyampaikan keinginan Pemerintah Kota Bukittinggi.

Bahkan, Bukittinggi mengaku siap bekerjasama dengan pusat untuk mendatangkan TNI-Polri menjaga objek wisata dan pusat keramaian.

baca juga: Beda Dari Biasa, Ini Rekomendasi Lomba HUT RI 17 Agustus di Masa Pandemi

"Tadi saya di Bukittinggi, disampaikan langsung oleh mereka keinginan tersebut," terangnya.

Terakhir, Nasrul Abit meminta masyarakat untuk bersabar terkait keputusan PSBB . Jika diperparah itu artinya diberlakukannya hingga 12 Juni 2020.

"Besok kita putuskan bersama setelah mendapat hasil kajian. Hari ini kita dapat di Unand membahas itu," tukasnya. (*)

[Hms-Sumbar]

Editor: Joni Abdul Kasir