Kado Lebaran, Bupati Irfendi Arbi Serahkan Ratusan SK PNS Guru SD

Bupati Irfendi Arbi saat menyerahkan SK PNS Guru SD di Lima Puluh Kota
Bupati Irfendi Arbi saat menyerahkan SK PNS Guru SD di Lima Puluh Kota (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Sebanyak 172 guru Sekolah Dasar (SD) di Lima Puluh Kota terima SK Pegawai Negeri Sipil ( PNS ). SK diserahkan Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi .

Penyerahan SK PNS tersebut dilakukan secara simbolis di Rumah Dinas Bupati, Labuah Basilang, Selasa 26 Mei 2020 kemarin. Ia bersyukur bahwa ratusan SK PNS ini dapat keluar dan dibagikan di momen lebaran Idul Fitri 1441 H tahun 2020.

baca juga: KPU Lima Puluh Kota Minta Masyarakat Proaktif Cermati DPS

"Pertama kita harus bersyukur ratusan guru ini telah diangkat menjadi PNS dan sebagai aparatur pemerintah di bidang pendidikan. Selamat kepada yang telah menerima SK PNS dan semoga ini menjadi tanggungjawab dalam memajukan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Lima Puluh Kota ," kata Irfendi Arbi pada KLIKPOSITIF .

Ia menambahkan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, peran guru dalam dunia pendidikan juga dituntut untuk tumbuh. Sehingga sebagai pengajar dan pendidik sekaligus pengganti peran orang tua di sekolah serta terdapat berbagai kompetensi yang perlu diasah dan terus ditingkatkan.

baca juga: Kasrem 032/Wirabraja Tutup Latihan UST Kompi Yonif 131/Braja Sakti di Payakumbuh

"Oleh karena itu, guru perlu untuk terus menggali dan meningkatkan kompetensi sehingga dapat menemukan suatu bakat di dalam diri setiap siswa, khususnya bagi mereka yang merasa kurang percaya diri," ujarnya.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Indrawati Munir mengatakan pemerintah telah menyebutkan di dalam undang-undang bahwa terdapat empat kompetensi utama yang harus dimiliki seorang guru. Keempat potensi tersebut adalah pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.

baca juga: Balai Wartawan Luak Limopuluah Telah Didistribusikan 1.000 Masker Gratis, Besok Bagikan 1.000 Lagi

"Pedagogik di sini memiliki arti pemahaman terhadap siswa, kemampuan merancang sistem pembelajaran, termasuk melakukan evaluasi pembelajaran.Kemudian kompetensi kepribadian adalah tuntutan guru sebagai contoh dan teladan bagi siswa, dengan memiliki kepribadian unggul seperti dewasa, berwibawa, adil, dan berakhlak mulia," katanya.

Selain itu, dari sisi profesionalisme kerja, guru dituntut memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam terhadap materi ajar yang diberikan. Semua hal terkait kurikulum, silabus, penyusunan soal, dan materi uji melekat pada kompetensi ini.

baca juga: Diantar Heli Chinook, Lima Puluh Kota Kembali Dapat Bantuan dari BNPB

"Sedangkan kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk bisa berkomunikasi dan membangun hubungan sosial dengan siswa, orang tua, tenaga pendidik lainnya, dan masyarakat sekitar," ujar Indrawati Munir.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera