Sekwan Raflis: DPRD Sumbar Tidak Ada Selenggarakan HBH

Sekwan DPRD Sumbar, Raflis
Sekwan DPRD Sumbar, Raflis (Ist)

KLIKPOSITIF -Sekretaris DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Raflis memberikan klarifikasi terkait viralnya kegiatan Halal bi Halal (HBH) yang diselenggarakan DPRD Sumbar pada Senin (25/5), bertempat di rumah dinas Ketua DPRD Sumbar saat pandemi COVID-19 masih berlangsung di derah itu.

Raflis menyampaikan bahwa kegiatan tersebut terlaksana bukan atas nama lembaga yaitu DPRD Sumbar, melainkan hanya kegiatan dari pribadi Ketua dewan. Dijelaskannya, jika HBH memang dilaksanakan oleh DPRD Sumbar, tentunya akan diumumkan secara publik dengan menyampaikan bahwa ada Open House selepas lebaran oleh DPRD Sumbar.

baca juga: Hari Ini Agam Ditetapkan Jadi Zona Merah COVID-19

"HBH itu terlaksana bukan atas nama kelembagaan DPRD Sumbar. Karena kalau memang kita laksanakan, pastinya akan kita undang seluruh anggota dewan, kita pasang tenda besar seperti biasa dan kita sampaikan ke publik," jelasnya.

Bahkan Raflis ketika melewati rumah dinas Ketua DPRD Sumbar, pintunya tampak tertutup. Hanya saja mengenai ruangan yang digunakan saat menyambut tamu, menurutnya ruangan itu memang selalu stand by, sama halnya dengan ruangan yang ada di kantor Gubernur.

baca juga: Agam Tambah 11 Kasus Positif COVID-19, Terendah dalam Sepekan Terakhir

Ia juga menjelaskan bahwasannya kegiatan yang terlaksana bukan lah HBH melainkan hanya silatutahmi biasa oleh para tamu Ketua DPRD ke rumahnya. Namun ia menjamin bahwa kegiatan tersebutb tetap menerapkan protokol COVID-19 seperti yang diatur oleh pemerintah selama situasi pandemi.

"Tentunya Ketua DPR tidak bisa menolak jika ada tamu yang berkunjung ke rumah dinasnya. Kalau pun ada tamu yang berkunjung, penerapan protokol COVID-19 tetap dilakukan dengan baik seperti cek suhu tubuh dengan thermogun, penggunaan bilik sterilisasi, jaga jarak satu sama lain, mencuci tangan dan wajib pemakaian masker," ujarnya.

baca juga: Dua Warga Pessel Positif COVID-19, Masing-masing Warga Sutera dan Ranah Pesisir

Sebelumnya, viral berita tentang DPRD Sumatera Barat menggelar kegiatan halal bi halal yang bertempat di rumah dinas Ketua DPRD Sumbar saat pandemi COVID-19.

Silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri kedua yang digelar di Padang, Senin sore dihadiri Wakil Ketua KI Sumbar dan sejumlah wartawan

baca juga: Hari Ini, Ada Penambahan Empat Kasus Positif COVID-19 di Pasaman Barat

Kegiatan itu mendapat respon dari Polda Sumbar. Melalui Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto yang menanggapi kegiatan tersebut meminta masyarakat tetap mematuhi regulasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan tetap berada di rumah.

Ia mengatakan penerapan PSBB tetap berjalan hingga 29 Mei 2020 dan walaupun kondisi Idul Fitri sebaiknya aturan itu ditaati agar meminimalkan penyebaran COVID-19.

Editor: Khadijah