Kabar Baik, 2 Pasien Positif COVID-19 di Payakumbuh Sembuh

Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal
Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal (Ist)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Payakumbuh melalui Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal kembali umumkan pasien sembuh, Rabu 27 Mei 2020 kemarin. Kedua pasien tersebut merupakan warga Kelurahan Padangtangah Payobadar dan warga Kelurahan Padangtangah Balai Nan Duo.

Kadis Kesehatan Payakumbuh menjelaskan pasien sembuh tersebut bernama Deri Puspita (45 tahun) dan Erlinda (53 tahun). Ia menerangkan Deri Puspita adalah pedagang kedai harian di Simpang Sicincin dan Erlinda merupakan pedagang plastik.

baca juga: Bawa Sabu, Seorang Pria Ditangkap di Depan Mapolres Pariaman

"Deri Puspita sendiri dinyatakan positif sejak 14 Mei 2020 lalu. Ia menjalani perawatan atau karantina di Balai Diklat Sumbera Daya Manusia (BSDM) Provinsi Sumatera Barat," kata dr. Bakhrizal.

Sedangkan Erlinda dinyatakan positif pada 1 Mei 2020 lalu. Sehingga dengan dinyatakannya sembuh 2 orang tersebut maka untuk Kota Payakumbuh tercatat sebanyak 8 pasien positif COVID-19 yang sembuh.

baca juga: Jumlah Kasus Terus Bertambah, Pasien Covid-19 Capai 11 Juta Lebih

"Saat ini yang masih terkonfirmasi positif tinggal 10 orang, dan menjalani masa perawatan di RSUD Adnaan WD, RSAM Bukittinggi dan di BSDM Sumbar di Padang," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan tracking terhadap Deri Puspita sebelumnya, tercatat empat warga Padangtangah Payobadar yang terkonfirmasi positif COVID-19. Keempat pasien tersebut adalah S (44 th), RP (25 th), AQ (6 th) SC (9 th).

baca juga: Proses Verifikasi Faktual Pilkada di Pessel Berjalan Lancar

"Berdasarkan hasil tracking keempat warga terkonfirmasi positif ini, lebih kurang 100 orang warga Padangtangah Payobadar pernah kontak dan hasil SWAB mereka segera dikirim ke Laboratarium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Padang," kata dr. Bakhrizal.

Secara terpisah, mantan Ketua LPM Padangtangah Payobadar yang kini duduk di DPRD Payakumbuh Edwar DF berharap agar pihak Dinkes segera menuntaskan pengambilan SWAB warga setempat. Hal ini agar mempercepat penanganan virus corona di Kota Payakumbuh .

baca juga: Soal Kalung Antivirus Corona, Kementan Sebut Itu Hasil Penelitian 10 Tahun

"Kita sangat senang, jika hasil tracking dari 4 warga terkonfirmasi di Padangtangah Payobadar ini segera dituntaskan pengambilan SWAB nya. Semoga hasilnya pun juga cepat keluar," kata Edwar DF.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani