Jokowi: Pandemi Corona Ubah Tren Pariwisata Dunia

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo (Net)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pandemi Covid-19 akan mengubah tren pariwisata di dunia. Isu kesehatan (health), kebersihan (hygiene) dan keselamatan (safety) akan menjadi pertimbangan utama bagi wisatawan yang ingin melancong.

"Saya ingin ingatkan bahwa pandemi Covid-19 akan membuka sebuah perubahan tentang tren pariwisata di dunia di mana isu health, hygiene, serta safety, security akan jadi pertimbangan utama bagi wisatawan yang ingin melancong," ujar Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference, Kamis (28/5/2020).

baca juga: KPK: Bupati Kutai Timur Terima Fee Rp2,1 Miliar dari Proyek Pendidikan

Selain itu, referensi hiburan akan bergeser ke alternatif liburan yang tidak melibatkan banyak orang seperti solo travel, wellness hingga staycation.

"Selain itu referensi hiburan akan bergeser ke alternatif liburan yang tidak banyak orang, seperti solo travel tour, wellness tour termasuk di dalamnya juga virtual tourism serta staycation," ucap dia.

baca juga: PA 212 Mau Apel Siaga, Polda: Bakar-bakaran, Pasti Kami Tangkap

Karena itu, mantan Gubernur DKI Jakarta meminta jajarannya untuk mengantisipasi terjadinya perubahan tren pariwisata di dunia.

Jokowi pun memerintahkan jajaran terkait untuk berinovasi dan melakukan perbaikan dalam menghadapi perubahan tren pariwisata di dunia usai pandemi Covid-19.

baca juga: Warga Pasbar Sudah Boleh Gelar Resepsi Pernikahan, Ini Syaratnya

"Karena itu industri pariwisata dan ekonomi kreatif harus betul-betul mengantisipasi terjadinya perubahan tren ini dan kita harus bisa betul-betul mencium perubahannya ke arah mana. Oleh sebab itu, sehabis pandemi ini kita harus melakukan inovasi, melakukan perbaikan-perbaikan sehingga bisa cepat beradaptasi dengan perubahan tren yang kemungkinan besar akan terjadi di dunia pariwisata global," katanya menambahkan.

Editor: Eko Fajri