Kabar Baik, 2 Pasien Positif COVID-19 Lima Puluh Kota Sembuh

Fery Chofa, Juru Bicara Penanganan COVID-19 Lima Puluh Kota
Fery Chofa, Juru Bicara Penanganan COVID-19 Lima Puluh Kota (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Sebanyak 2 pasien positif COVID-19 di Lima Puluh Kota dinyatakan sembuh oleh Fery Chofa selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Lima Puluh Kota , Kamis 28 Mei 2020 malam. Ia mengatakan dalam dua hari belakangan ini terjadi 2 penambahan pasien yang sembuh dan secara kumulatif telah tercatat 5 orang yang sembuh dari 10 orang yang terkonfirmasi positif.

Fery Chofa yang juga Kepala Dinas Kominfo Lima Puluh Kota menyampaikan 2 orang pasien yang sembuh tersebut adalah SY, Laki-laki, (52 tahun) yang beralamat di Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh. Ia merupakan seorang Garin Masjid.

baca juga: Bersama Polri, Bupati Irfendi Arbi Bagikan Sembako dan Ikan di Lareh Sago Halaban

"Satunya lagi yaitu MS, Wanita (41 tahun) yang merupakan PNS di Pemko Payakumbuh dan beralamat di Batu Balang, Kecamatan Harau," kata Fery Chofa.

Ia menjelaskan hingga saat ini pihaknya telah melakukan pengambilan sampel swab dan dikirimkan untuk pemeriksaan ke Laboratorium FK Unand maupun ke Labor Balai Veteriner, Baso. Tercatat sebanyak 363 sampel dan 330 dinyatakan negatif dengan 10 Positif dan 23 masih dalam proses pemeriksaan.

baca juga: Lihat Kondisi Warga yang Dirantai, Ini Pesan Wabup Lima Puluh Kota

"Selanjutnya terkait dengan informasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dan dimakamkan dengan protokol COVID-19 berjumlah 10 orang dan semuanya sudah di swab dan dinyatakan negatif. Pemakaman jenazah dengan Protokol COVID-19 ini sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan baik oleh Kementerian Kesehatan, Kemendagri maupun BNPB yang pertimbangan utamanya adalah kepentingan kesehatan dan keselamatan publik serta tenaga medis sendiri," ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan rapat koordinasi via video conference antara gubernur/bupati/wali kota se-Sumatera Barat beserta seluruh unsur Forkopimda provinsi/kabupaten/kota serta masing masing pejabat terkait disepakati dan ditetapkan perpanjangan pemberlakuan PSBB tahap III sampai dengan tanggal 7 Juni 2020.

baca juga: Alasan Keselamatan, Belajar Tatap Muka di Lima Puluh Kota Diundur

"Kecuali Kota Bukittinggi, sebelum dimulainya Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid19 di Sumatera Barat pada tanggal 8 Juni 2020. Pemberlakuan PSBB tahap III ini sekaligus memberi waktu kepada masing-masing kabupaten/kota untuk mempersiapkan segala hal terkait strategi penerapan tatanan normal baru (new normal)," katanya.

Menurutnya, dalam rakor tersebut Bupati Lima Puluh Kota , Irfendi Arbi didampingi oleh unsur Forkopimda seperti Ketua DPRD, Kapolres 50 Kota, Dandim 0306 50 Kota, dan Kajari Payakumbuh. Rakor tersebut dikatakannya juga menjadi momen silaturahim antara ketua beserta seluruh anggota Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Lima Puluh Kota .

baca juga: Kunker ke 50 Kota, BKKBN Sumbar Kenalkan Rebranding Bangga Kencana dan GDPK

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi