Gubernur Sumbar Usulkan Perda Terkait New Normal

Rapat paripurna penetapan dan penyerahan rekomendasi DPRD terhadap LKPD Sumbar 2019.
Rapat paripurna penetapan dan penyerahan rekomendasi DPRD terhadap LKPD Sumbar 2019. (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) soal penerapan new normal kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Irwan Prayitno, saat rapat paripurna penetapan dan penyerahan rekomendasi DPRD terhadap LKPD Sumbar 2019.

"New normal akan dilaksanakan dalam waktu dekat di Sumbar. Bukittinggi akan melaksanakan hal itu pada 1 Juni mendatang. Maka tadi saat berbicara di ruang pimpinan di ruangan, kita menyepakati secara informal dan mengusulkan Perda soal new normal, karena perlu cepat maka Perda kita bersama membangun," katanya di DPRD Sumbar, Jumat, 29 Mei 2020.

baca juga: Hari Ini Agam Ditetapkan Jadi Zona Merah COVID-19

Ia mengatakan new normal perlu dukungan dan aturan sehingga efektifnya perlunya Perda dan aturan, termasuk sanksi. "Ini juga sudah mendapat dukungan dari Kejati dan Polda Sumbar kemarin. Ini produk bersama dan berharap Perda ini cepat terbit," jelasnya.

"Semoga ini bisa jadi rujukan di Sumbar. Karena new normal sudah didepan mata, sehingga kita tak ingin ini gagal seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Karena di masa PSBB kita tak bisa menilang karena tak ada aturan baru," terangnya.

baca juga: Agam Tambah 11 Kasus Positif COVID-19, Terendah dalam Sepekan Terakhir

Selain itu, ia juga mengatakan kepada sekretaris daerah juga menganggarkan untuk masa COVID-19 yang tak ada sebelumnya. "Dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2021 juga masuk untuk menganggarkan COVID-19 dan bagaimana mengatasinya kedepan," tuturnya.

Irwan Prayitno berharap Perda ini cepat dibahas dan bisa diterapkan. "Ini kita godok bersama dengan DPRD sehingga cepat diterapkan," harapnya.(*)

baca juga: Dua Warga Pessel Positif COVID-19, Masing-masing Warga Sutera dan Ranah Pesisir

[Hms-Sumbar]

Editor: Fitria Marlina