Puluhan Warga Sungai Rumbai Kembalikan Dana BLT, Ini Sebabnya

Seorang warga Nagari Sungai Rumbai mengembalikan Bantuan Lansung Tunai (BLT) dampak COVID-19 kepada pihak nagari yang diterima lansung wali nagari Sungai Rumbai Rasul Hamidi Dt Saridano.
Seorang warga Nagari Sungai Rumbai mengembalikan Bantuan Lansung Tunai (BLT) dampak COVID-19 kepada pihak nagari yang diterima lansung wali nagari Sungai Rumbai Rasul Hamidi Dt Saridano. ()
DHARMASRAYA , KLIKPOSITIF

- Merasa ada yang lebih pantas dan lebih berhak menerima bantuan lansung tunai ( BLT ) dampak COVID-19, puluhan warga Nagari Sungai Rumbai, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya mengembalikan bantuan tersebut ke pihak nagari.

"Setidaknya sampai hari ini, Jumat (29/5) sudah lebih 40 orang yang sudah mundur dengan kemauan sendiri, mundur karena data ganda, termasuk pembatalan dari pusat," kata Wali Nagari Sungai Rumbai Rasul Hamidi Dt Saridano..

baca juga: Yakin Vaksin Sinovac Aman, Pakar: Kalau Tak Aman Uji Klinis Sudah Distop dari Awal

Melihat apa yang dilakukan oleh warganya, Rasul Hamidi Dt Saridano, secara pribadi dan atas nama Pemerintahan Nagari Sungai Rumbai sangat mengapresiasi kepedulian warganya.

"Kita sangat bangga dan apresiasi warga dengan rasa kesadaran yang tinggi menyerahkan dana BLT untuk diberikan lagi kepada warga yang lebih berhak. Dana yang sudah dikembalikan tersebut akan kita serahkan kembali kepada warga yang lainnya," tegasnya.

baca juga: Dua Orang Teman Sekamar Meninggal, Perjuangan Mevrizal Asal Solok Bebas dari Belenggu Covid-19

Diungkapkan H Rasul Hamidi, disamping mengembalikan dana BLT tersebut ke Pemerintah Nagari ada juga warga yang menyatakan mundur karena sudah pindah domisili, ada juga ditemukan ganda menerima BLT lainnya serta dilakukan pembatalan.

"Ada seorang PNS yang juga menerima BLT , namun di KK masih tercatat sebagai honorer," ungkapnya.

baca juga: Akhir Pekan Ini, Pemkab Pessel Bakal Sasar Pelanggaran Protokol Kesehatan di Objek Wisata

Nantinya, pihak nagari langsung melaksanakan Musyawarah Nagari Khusus untuk membahas mengenai Pengajuan Warga cadangan penerima BLT bersama bamus, babinsa babinkantibmas, kepala jorong dan relawan COVID-19.

Sementara itu Kahar, warga Jorong Pasar Baru, salah seorang warga yang mengembalikan dana BLT menjelaskan, walau sudah lebih dua bulan dirinya tidak dapat melakukan transaksi perdagangan namun dengan dasar kemanusian dirinya mengalihkan BLT yang didapat kepada yang lain.

baca juga: Kasus Terus Bertambah, Satgas Corona Pessel Ajak Masyarakat Untuk Tidak Takut Tes Swab

"Saya berikan dana BLT saya tersebut kepada Enoki yang berprofesi sebagai tukang las yang sebelumnya sudah didata namun terkendala dari administrasi sehingga masuk didalam daftar tunggu. Saya merasa Enoki lebih membutuhkan," ucapnya yang memiliki usaha rumah makan.

Penulis: Ivan Rionaldo Lutfie | Editor: Rezka Delpiera