Bukittinggi Buka Pendaftaran Siswa Baru, Ini Jadwalnya

Simulasi Gempa Oleh BPBD Terhadap Siswa
Simulasi Gempa Oleh BPBD Terhadap Siswa (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -Pemerintah Kota Bukittinggi membuka pendaftaran bagi siswa baru untuk tahun ajaran 2020/2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi Melfi Abra menyebut, pihaknya membuka pendaftan mulai jenjang TK hingga SD dengan waktu pendaftaran sejak 18 Mei hingga 17 Juni.

baca juga: Sekolah di Masa New Normal, Guru PAI Dituntut Lebih Proaktif

"Untuk TK, persyaratannya berusia 5 tahun atau paling rendah 4 tahun untuk Kelompok A, lalu untuk Kelompok B berusia 6 tahun atau paling bawah 5 tahun,"kata Melfi, Jum'at 28 Mei 2020.

Pendaftaran untuk tingkat TK, mesti dilakukan langsung oleh orang tua calon siswa sesuai keinginan dan lokasi terdekat dengan alamat rumah.

baca juga: Khusus Untuk SD, Pemkab Pessel Ganti Pembelajaran Tatap Muka dengan Sistem Daring

Bagi tingkat SD, persyaratannya antara lain, berusia paling rendah 6 tahun pada 1 Juli mendatang serta maksimal 12 tahun.

"Ijazah TK atau PAUD tidak menjadi persyaratan wajib. Lalu pendaftaran dilakukan langsung pula oleh orang tua ke sekolah yang diinginkan, sesuai zona terdekat dengan alamat orang tua yang bersangkutan," kata Melfi.

baca juga: Sistem PPDB Tahun Ini Bikin Pelajar Terancam Putus Sekolah, Mario Syahjohan: Harus Segera di Evaluasi

Terakhir, untuk SMP, sejumlah persyaratannya adalah berusia paling tinggi 15 tahun serta memiliki ijazah SD maupun setingkat.

"Pendaftaran dilaksanakan melalui jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan prestasi," pungkasnya.

baca juga: ITP Terapkan Sistem Kuliah Blended Learning, Apa Itu?

Pendaftaran jalur zonasi dilakukan pada 22-27 Juni, lewat afirmasi dan perpindahan tugas pada 16-17 Juni dan terakhir ada tahap III jalur pemenuhan daya tampung pada 6-7 Juli.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Rezka Delpiera