Setelah Tutup Dua Bulan, Emersia Hotel Batusangkar Mulai Buka Operasional

Resepsionis Emersia Hotel melayani tamu sesuai protokol kesehatan
Resepsionis Emersia Hotel melayani tamu sesuai protokol kesehatan (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Selama dua bulan terakhir tidak beroperasi, manajemen Emersia Hotel Batusangkar mulai membuka layanan penginapan bagi masyarakat umum, tentu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Kita harus bersiap mengadapi era New Normal di tengah pandemi COVID-19 dengan selalu menaati protokol kesehatan yang diterapkan baik dari WHO ataupun pemerintah," ucap General Manager Emersia Hotel Batusangkar Joe Lubis di Batusangkar, Sabtu 30 Mei 2020.

baca juga: Dinihari Tadi, Tiga Rumah Terbakar di Malana Ponco Tanah Datar

Ia menyebut sejak kembali beroperasi sebelum Lebaran Idulfitri, pihaknya baru melayani penginapan sebanyak 50 kamar. Hotel baru membuka layanan penginapan di dua lantai.

Joe menjelaskan selama operasional hotel ditutup sementara pihaknya selalu melakukan pembersihan seluruh ruangan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 sehingga orang yang ingin menginap tidak perlu ragu untuk tinggal di hotel.

baca juga: BPTP Sumbar Perkenalkan Kalung Eukaliptus Cegah COVID-19 ke Pemkab Tanah Datar

"Kami membekali karyawan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Semua karyawan dilengkapi dengan masker, sarung tangan, pelindung wajah, dan juga baju hazmat serta memeriksa suhu tubuh dan cuci tangan sebelum masuk area kerja," tutur Joe.

Begitu juga dengan tamu-tamu yang akan memasuki area hotel, baik mereka yang akan menginap ataupun datang untuk survei, mereka semua diwajibkan untuk mematuhi peraturan yang berlaku sesuai standar protokol kesehatan.

baca juga: Kontak Erat dengan Pasien Positif, 11 Warga Tanah Datar Negatif COVID-19

"Pengunjung hotel wajib menggunakan masker, memeriksa suhu tubuh dan hanya suhu di bawah 37 derajat celsius yang perbolehlan masuk dan ini dilakukan 2 kali di pos sekuriti dan lobi," ucap Joe.

Selain itu, di depan resepsionis juga telah disesuaikan dengan tetap menjaga jarak. Termasuk juga dalam lift ditempel stiker himbauan tata cara berada dalam lift. Hand sanitizer disediakan di setiap lantai depan pintu lift agar semua orang dapat menjaga kebersihan tangannya. Sedangkan untuk kebersihan kamar akan disemprot dengan disinfektan agar tetap terjaga kebersihan dan kenyamaan di dalam kamar.

baca juga: Puluhan Pegowes Promosikan Pesona Puncak Pato dan Ngalau Pangian Tanah Datar

"Bagi tamu yang menginap lebih dari satu malam, setiap harinya akan diperiksa suhu tubuhnya. Untuk fasilitas hotel seperti: kolam renang, fitness center dan SPA untuk sementara ini masih ditutup. Sedangkan untuk menikmati makanan di resto dipersilahkan dengan susunan kursi dan meja tetap menjaga jarak dengan peralatan makan yang steril," ucap Joe. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi