Keluar Masuk Sumbar Harus Mengantongi Bukti Bebas Corona, Begini Cara Mengurus Suratnya!

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Untuk mengendalikan orang keluar masuk Sumatera Barat, Gubernur Irwan Prayitno mewajibkan orang yang bepergian untuk memiliki surat bebas Corona atau COVID-19 berbasis Reverse - Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Surat tersebut bisa didapatkan dengan cara menyampaikan surat permohonan pemeriksaan swab COVID-19 atas permintaan sendiri kepada rumah sakit/laboratorium melalui surat tembusan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Barat.

baca juga: Ada 2 Penambahan Positif COVID-19 di Sumbar, Jubir: Dari Limapuluh Kota dan Padang

Dalam surat yang dikeluarkan gubernur dijelaskan, pemohon yang berasal dari perusahaan/instansi yang menugaskan yang bersangkutan untuk bepergian atau kegiatan khusus dari perusahaan/instansinya.

"Alat-alat dan bahan-bahan yang digunakan berasal dari dana mandiri atau rumah sakit dan bukan merupakan bantuan dari pemerintah atau sumbangan pihak ketiga laninnya," terangnya.

baca juga: Sekolah di Masa New Normal, Guru PAI Dituntut Lebih Proaktif

Dalam surat izin swab mandiri tertanggal 29 Mei 2020 itu juga disampaikan, rumah sakit/laboratonum dapat menetapkan biaya/harga jasa pemeriksaan yang akan dipungut sesuai dengan analisa harga dan pengeluaran yang berlaku dengan prinsip dapat dupenanggungjawabkan.

"Pemohon jasa pemeriksaan bukan merupakan orang yang ditanggung oleh pemerintah (PDP dan ODP)," jelas Irwan dalam surat tertuju kepada Direktur Rumah Sakit itu. (*)

baca juga: Pandemi COVID-19, Momentum Transisi ke Energi Terbarukan

Editor: Joni Abdul Kasir