BBPOM di Padang Tetap Bekerja Maksimal Berikan Pelayanan Jaga Keamanan Obat dan Makanan di tengah Pandemi COVID-19

Pemeriksaan keamanan makanan oleh BBPOM di Padang
Pemeriksaan keamanan makanan oleh BBPOM di Padang (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF -

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan ( BBPOM ) di Padang tetap bekerja dengan maksimal meski di tengah kondisi pandemi COVID-19 dan Ramadan 1441 Hijriah.

BBPOM di Padang ikut berperan aktif dalam Upaya Pencegahan Penularan Wabah COVID-19 dan Percepatan Pengendalian Kasus COVID-19 dengan meminjamkan Alat Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) kepada Laboratoriun FK UNAND untuk digunakan sebagai pengujian swab test.

baca juga: Hari Ini Agam Ditetapkan Jadi Zona Merah COVID-19

Kegiatan serah terima peminjaman alat RT-PCR oleh Plt. Kepala BBPOM di Padang, Elyunaida, S.Si., Apt., M.Farm. kepada Pemprov Sumatera Barat yang secara langsung diterima oleh Kepala Lab. Rujukan COVID-19 Fakultas Kedokteran Sumatera Barat Dr. dr. Andani Eka Putra M.Sc, bertempat di kantor BBPOM di Padang pada Selasa, 12 Mei 2020.

BBPOM di Padang meminjamkan Alat Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) kepada Laboratoriun FK UNAND untuk digunakan sebagai pengujian swab test.
BBPOM di Padang meminjamkan Alat Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) kepada Laboratoriun FK UNAND untuk digunakan sebagai pengujian swab test.

Selain itu BBPOM di Padang juga mengirimkan 2 orang relawan dari bidang pengujian untuk membantu dalam percepatan pengerjaan sampel Swab COVID-19 di Laboratorium FK Unand .

baca juga: Agam Tambah 11 Kasus Positif COVID-19, Terendah dalam Sepekan Terakhir

"Diharapkan alat RT - PCR dan tambahan relawan untuk menguji sampel dapat memberikan hasil pemeriksaan swab lebih cepat sehingga membantu Pemprov dalam percepatan penanganan COVID-19 di Sumatera Barat," ujar Plt. Ka. BBPOM di Padang

BBPOM di Padang tengah beraktivitas meski di tengah pandemi COVID-19
BBPOM di Padang tengah beraktivitas meski di tengah pandemi COVID-19

Tidak hanya peminjaman alat RT-PCR, BBPOM di Padang juga telah memberikan bantuan Handsanitizer dan masker kepada Dinas Kesehatan Kota Padang sebanyak 650 handsanitizer ukuran 100 mililiter dan 30 box masker.

baca juga: Dua Warga Pessel Positif COVID-19, Masing-masing Warga Sutera dan Ranah Pesisir

Sementara itu, untuk upaya pencegahan penularan wabah COVID-19 ini, BBPOM di Padang telah mengikuti protokol kesehatan dalam mengahadapi pandemi, yaitu pembuatan wastafel untuk cuci tangan tamu dan pegawai, di dekat Pos Satpam dan di depan lobi, sehingga semua orang yang ingin masuk kedalam kantor harus mencuci tangan terlebih dahulu, pemeriksaan suhu tubuh pegawai dan tamu yang datang, pemberian masker kepada tamu dan pegawai yang tidak menggunakan masker saat datang ke kantor BBPOM di Padang, dan mengatur jarak bangku di bagian Pelayanan Publik.

Pemeriksaan keamanan makanan yang beredar oleh BBPOM di Padang
Pemeriksaan keamanan makanan yang beredar oleh BBPOM di Padang

"Hal itu merupakan upaya kami dalam memutus mata rantai penularan COVID-19," ujar Plt.Ka Balai BBPOM , Elyunaida, S.Si., Apt., M.Farm.

baca juga: Hari Ini, Ada Penambahan Empat Kasus Positif COVID-19 di Pasaman Barat

Meski di tengah pandemi, BBPOM di Padang tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat walau tidak bisa lagi bertatap muka secara langsung. Mulai dari pemberian KIE (Komunikasi Informasi Edukasi) kepada masyarakat di pasar melalui rekaman dan memasang iklan layanan masyarakat di radio tentang tetap menjaga keamanan pangan di masa pandemi ini, hingga intensifikasi pangan kepada distributor pangan dan pedagang kaki lima "Pasa Pabukoan" untuk menjamin makanan yang dibeli masyarakat aman, bebas dari bahan berbahaya dan tidak kadaluarsa.

Pemeriksaan keamanan makanan yang beredar dilakukan BBPOM di Padang
Pemeriksaan keamanan makanan yang beredar dilakukan BBPOM di Padang

Tentunya demi keamanan selama bekerja di lapangan, petugas BBPOM di Padang selalu menggunakan APD dan juga mengingatkan pelaku usaha untuk menerapkan protokol kesehatan mengahadapi wabah COVID-19 dengan memakai masker, jaga jarak, dan sering mencuci tangan.

BBPOM di Padang juga melakukan KIE di Retail (SJS dan Budiman) terkait materi AYO CEK KLIK yaitu Cek Kemasan, Label, Izin edar, dan Kadaluarsa pada saat sebelum berbelanja, serta menyarankan masyarakat untuk menggunakan aplikasi Cek BPOM untuk melihat izin edar produk makanan, kosmetik, obat bahkan obat tradisional dan suplemen kesahatan, yang dapat di download di play store

BBPOM di Padang beri bingkisan pada warga
BBPOM di Padang beri bingkisan pada warga

Selama bulan Ramadan kemaren, Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) juga diberikan informasi dan edukasi tentang menjaga keamanan pangan untuk pedagang, dan memberikan pedagang masker apabila belum menggunakan masker, brosur terkait keamanan pangan, serta susu dan kurma untuk makanan berbuka puasa.

"Balai Besar POM di Padang siap untuk membantu dalam percepatan penanganan wabah COVID-19 ini. Selama pandemi pun kami tetap aktif mengawasi obat dan makanan untuk melindungi masyarakat. Dan kami juga telah bersiap untuk keadaan 'new normal'," tutup Plt. Ka. BBPOM di Padang.

Editor: Khadijah