Hasil Swab, Satu Pasien Positif COVID-19 Bertambah di Lima Puluh Kota

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Lima Puluh Kota, Fery Chofa.
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Lima Puluh Kota, Fery Chofa. (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Lima Puluh Kota umumkan satu penambahan kasus positif, Sabtu 30 Mei 2020.

Pasien positif tersebut merupakan warga Lima Puluh Kota yang berdasarkan KTP beralamat di Guguak, Nagari Guguak VIII Koto.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Lima Puluh Kota Fery Chofa mengatakan swab yang dilakukan pasien berinisial RA (41 tahun) tersebut dilakukan di Padang oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

baca juga: Pemerintah Rencanakan Moratorium Penerimaan CPNS, DPR Beri Saran Ini

"RA merupakan seorang Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Mentawai dan yang bersangkutan sebelumnya berstatus ODP serta diduga terpapar di tempat kerja. Penanganan saat ini ia dikarantina di Balai Diklat Koperasi Padang," kata Fery Chofa yang juga merupakan Kadis Kominfo Lima Puluh Kota .

Ia menjelaskan dari informasi yang didapatkan, RA sempat pulang kampung saat Lebaran lalu. Sehingga, sesuai dengan protokol yang berlaku, saat ini pihak Dinkes sedang melakukan penelusuran kontak erat dan dekat yang bersangkutan di Lima Puluh Kota .

baca juga: Ada 2 Penambahan Positif COVID-19 di Sumbar, Jubir: Dari Limapuluh Kota dan Padang

"Dengan demikian secara kumulatif, tercatat sudah 11 orang yang terkonfirmasi positif di Kabupaten Lima Puluh Kota . Kemudian pada hari ini, 2 orang pasien terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh yaitu suami istri Y dan M dari Manggilang, Kecamatan Pangkalan," ujarnya.

Menurutnya, Y saat ini sudah dibawa pulang dan M direncanakan besok pagi dibawa pulang. Dengan demikian dikatakannya, secara kumulatif sudah 7 (tujuh) orang yang dinyatakan sembuh dari 11 (sebelas) kasus terkonfirmasi positif.

baca juga: Sekolah di Masa New Normal, Guru PAI Dituntut Lebih Proaktif

"Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan sampel swab tertanggal 30 Mei 2020 sebanyak 30 sampel swab yang dikirim oleh Dinkes Kabupaten Lima Puluh Kota semuanya dinyatakan Negatif dari Laboratorium FK Unand. Kami juga terus berharap warga Lima Puluh Kota tetap disiplin mematuhi Protokol Kesehatan yang berlaku dalam masa PSBB Tahap III seperti dirumah saja, jaga jarak, pakai masker, serta hidup sehat dan sering cuci tangan.

Mari kita semua berdoa semoga wabah Pandemik Global Covid-19 ini segera berakhir. Aamiin," kata Fery Chofa.

baca juga: Sistem PPDB Tahun Ini Bikin Pelajar Terancam Putus Sekolah, Mario Syahjohan: Harus Segera di Evaluasi

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri