SpaceX Falcon 9 Sukses Bawa Astronot ke Orbit

Space X
Space X (net)

KLIKPOSITIF - SpaceX sukses menjalankan program penerbangan luar angkasa manusia Amerika dengan roket bernama Dragon. Dalam misi ini mereka membawa dua astronot NASA.

Peluncuran roket SpaceX Falcon 9 dan kapsul kru Dragon dari Kennedy Space Center Florida ke International Space Station (ISS), menandai pertama kalinya manusia telah meluncur ke orbit dari tanah AS sejak 2011.

baca juga: Benda Berisi Darah Paus Yohanes Paulus II di Italia Hilang Dilarikan Maling

Perusahaan pengusaha Spaceon Elon Musk, menjadi operator komersial pertama yang membawa astronot ke ruang angkasa di bawah kemitraan publik-swasta yang didirikan oleh NASA, badan antariksa Amerika , pada 2010. Dragon, di atas roket Falcon dengan sembilan mesin yang tangguh, diangkat dari launchpad sesuai jadwal pada pukul 3.22 siang waktu ET, menciptakan kepulan asap dan api yang tebal saat memanjat Atlantik.

"Terima kasih atas tumpangan manusia pertama untuk Falcon 9. Itu luar biasa ... menghargai semua kerja keras dan terima kasih atas perjalanan luar biasa ke ruang angkasa," kata komandan Doug Hurley dari dek penerbangan setelah Dragon mencapai orbit, dilansir laman The Guardian, Minggu (31/5/2020).

baca juga: Pemerintah Targetkan Emisi Gas Rumah Kaca Turun 834 Juta Ton pada 2030

Sebelumnya pada Rabu (27/5/2020), ketika upaya pertama pada peluncuran ditunda dengan 17 menit pada jam hitung mundur. Saat itu, manajer misi mengalami kendala dengan cuaca, hanya menghadapi kemungkinan 50 persen dari "pergi" saat fajar, ketika badai, kilat dan rendah Awan membuntuti Cape Canaveral.

Booster roket Falcon, seperti yang telah menjadi hampir rutin bagi SpaceX, kembali ke Bumi setelah pemisahan tahap pertama dan mendarat dengan sukses di kapal pemulihan di Atlantik untuk digunakan pada misi masa depan. Kapsul itu mencapai orbit 12 menit kemudian, dan akan menghabiskan 19 jam mengejar stasiun ruang angkasa 250 mil di atas planet sebelum berlabuh pada Minggu (waktu setempat).

baca juga: Meski Tiga Negara Besar Absen, Program Vaksin WHO Terus Jalan

Hurley dan Bob Behnken, veteran misi luar angkasa, akan bergabung dengan kolega NASA mereka, Chris Cassidy, yang telah tinggal bersama dua kosmonot Rusia di atas ISS. Sebagai misi uji coba yang membuka jalan bagi penerbangan reguler Dragon akhir tahun ini, setiap aspek kinerja pesawat ruang angkasa akan dianalisis oleh para insinyur SpaceX. Behnken dan Hurley akan tetap berada di orbit hingga 120 hari.

"Sudah terlalu lama. Itu adalah hari yang luar biasa. Saya menarik napas lega, tetapi saya tidak akan merayakannya sampai Bob dan Doug pulang dengan selamat," kata Jim Bridenstine, administrator NASA.

baca juga: Pengguna iPhone Keluhkan Masalah Usai Update iOS 14

Meskipun publik didesak untuk menonton peluncuran itu dari jarak jauh karena pembatasan virus corona, Donald Trump dan istrinya Melania, dan Wakil Presiden Mike Pence, hadir secara langsung.

Editor: Ramadhani