Vaksin Covid-19 Milik Cina Akan Tersedia Akhir Tahun

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pengembangan vaksin Covid-19 pemerintah Cina telah menyelesaikan pengujian tahap II. Kabar baiknya vaksin bakal tersedia akhir tahun ini atau setidaknya pada awal tahun 2021. Dilansir dari Bloomberg informasi ini didapat dari akun Wechat resmi Komisi Pengawasan Aset dan Administrasi Milik Negara.

Setelah lolos tahap II yang melibatkan manusia, pada tahap III vaksin akan diuji coba di lingkungan tempat virus corona menyebar. Jika berhasil, vaksin Covid-19 akan diproduksi sekitar 100 juta-120 juta setiap tahun.

baca juga: Plt. Kabag Umum Setda Solsel Terkonfirmasi Positif Covid-19

Semenjak virus corona ditetapkan jadi pandemi dunia, pembuat obat berlomba untuk mengembangkan vaksin . Lebih dari 100 vaksin dikembangkan secara global, tetapi hanya sedikit yang berhasil mencapai tahap uji klinis klinis manusia. Saat ini, Cina memiliki lima perusahaan yang berhasil mengembangkan vaksin pada tahap uji coba manusia dan fakta ini mampu mengalahkan negara lain di dunia.Beijing telah mengerahkan otoritas kesehatan, regulator obat-obatan dan lembaga penelitian yang bekerja dengan perusahaan lokal untuk menghasilkan vaksin Covid-19 pertama di dunia. Sementara itu, Presiden Xi Jinping juga berjanji akan membagikan vaksin Covid-19 yang berhasil secara global.

Vaksin yang dikembangkan di Beijing Institute of Biological Products dan China National Biotec Group menggunakan versi baru dari novel virus corona yang masih dapat memicu respons kekebalan. Vaksin tidak aktif semacam itu telah dikembangkan selama bertahun-tahun untuk melindungi populasi dari berbagai penyakit termasuk polio dan hepatitis.

baca juga: Benda Berisi Darah Paus Yohanes Paulus II di Italia Hilang Dilarikan Maling

Editor: Ramadhani