Ini Riwayat Kontak dan Perjalanan Pelaut Positif COVID-19 di Agam

Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Agam Khasman Zaini
Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Agam Khasman Zaini (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF --Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Agam Khasman Zaini menyebut, 1 warga yang tinggal di Koto Tuo, Kecamatan Ampek Koto, dipastikan terpapar virus corona setelah diumumkan Provinsi Sumbar pada Sabtu 30 Mei 2020.

Dari rilis Provinsi Sumbar diketahui pasien ini berasal dari Koto Gadang Kecamayan Ampek Koto. Namun data dari Khasman, warga ini tinggal di Koto Tuo, masih di Kecamatan Ampek Koto.

baca juga: Pengakuan Warga Tanjung Sani Setelah Direlokasi ke Dama Gadang

Kata Khasman, warga ini adalah seorang pelaut atau ABK dari Kapal Mentawai-Padang yang berusia 46 tahun dan dikategorikan Orang Tanpa Gejala (OTG) serta diduga terpapar di tempat kerjanya.

"Pasien ini pulang ke Agam pada 21 Mei. Dari penelusuran awal, interaksinya tergolong tak banyak. Masih sebatas keluarga dan temannya saja, sebanyak 6 orang,"kata Khasman dikonfirmasi dari Bukittinggi, Minggu 31 Mei 2020.

baca juga: Hari Ini Kasus Positif Corona di Jakarta Catat Rekor Tertinggi

Selanjutnya, 26 Mei, pria ini kembali ke Padang untuk kembali bekerja. Sebelum ia bisa beraktivitas, Perusahaan melakukan tes swab, dan hasilnya pria ini positif COVID-19.

Selanjutnya, Khasman mengatakan tim tengah menelusuri dugaan kontak lain sebab istri yang bersangkutan merupakan Bidan Desa di Balingka, dan melacak aktivitas interaksi lain selama di kampungnya.

baca juga: Terkait Pasien Positif di Agam, 4 Orang Akan Diswab

"Yang 6 ini sudah diambil swabnya kemarin, kemungkinan hasilnya akan keluar Selasa depan. Sementara kita juga masih juga menunggu hasil swab 58 orang terkait pasien di Tiku tempo hari,"kata Khasman.

Dengan bertambahnya kasus, total kasus di Agam menjadi 19 pasien. 15 diantaranya dinyatakan sembuh. Kasus sebelum ini, menimpa pedagang Asal Tiku kluster Pasar Raya Padang pada Selasa 26 Mei 2020 lalu.

baca juga: Selama Pandemi Covid-19, Semen Padang Musnahkan Ribuan Sampah Medis

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Ramadhani