Di Tengah Pandemi, Sukarelawan Lumbung Umat Gelar Aksi Bagi Nasi Bungkus Gratis

Sukarelawan Membagikan Nasi Bungkus Gratis
Sukarelawan Membagikan Nasi Bungkus Gratis (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -Sejumlah sukarelawan yang tergabung di bawah bendera Lumbung Umat bersama-sama mendirikan warung makan gratis yang beralamat di Klinik Bukittinggi Ruqiyah Centre (BRC) Simpang Tarok Bukittinggi .

Pendirian warung makan gratis ini, dilatarbelakangi keprihatinan atas sulitnya ekonomi di tengah pandemi COVID-19. Aksi sosial ini digawangi Fathur Rabbani, pentolan Gerakan Subuh Berjamaah Bukittinggi .

baca juga: Sekolah Mulai 13 Juli 2020, Pemkab Solok Terapkan Pembelajaran Daring dan Luring

Dalam sehari, rataan 100 nasi bungkus dibagikan ke pekerja harian seperti ojol atau warga yang sulit memenuhi kebutuhan pangannya sehari-hari untuk makan siang.

"Kita sudah hari ke 5 membuka warung ini. Setiap hari dibagikan pukul 11.00-14.00 WIB, ketika stok mencukupi kadang ada juga langsung kita bagikan ke lapangan untuk pedagang kecil, kusir bendi, rumah-rumah petak dan lainnya," kata Fathur, Minggu 31 Mei 2020.

baca juga: Merasa Tak Dilibatkan, Ini Komentar Jubir Pedagang Pasa Ateh Bukittinggi

Fathur menggunakan media sosial facebook dengan akun @Rabbani Bekam untuk mengumpulkan donasi demi terciptanya warung makan gratis ini.

"Kita share di facebook tentang kegiatan ini, dan mulailah orang-orang berdonasi uang, beras, minyak maupun yang lainnya sehingga terciptalah warung makan gratis. Semua bahan-bahan itu kemudian kita masak dan dibagikan," sambungnya.

baca juga: Angka Positif COVID-19 Sumbar Capai 791, Jubir: 661 Diantaranya Dinyatakan Sembuh

Fathur mengatakan, bersama relawan lainnya di bawah label Lumbung Umat, ia akan terus berjuang untuk menghidupkan warung makan gratisnya demi menolong kaum-kaum yang membutuhkan lewat sebungkus nasi demi kebaikan.

Pantauan KLIKPOSITIF , aksi sosial ini sangat diminati masyarakat, tampak warga begitu antusias menjemput nasi bungkus itu, bahkan banyak pula yang langsung mencicipinya di klinik yang saat ini ditutup sementara demi warung makan gratis itu.

baca juga: Sepeda Kian Digemari, Ada Rentalnya di Bukittinggi

Sebelum mendirikan warung makan gratis, Fathur bersama relawannya telah lebih dulu ambil bagian lewat aksi bagi takjil di bulan puasa, bagi sembako ke pihak yang luput dari bantuan maupun pengumpulan donasi lainnya.

Di tengah paceklik ekonomi, aksi yang digawangi Fathur layak menjadi apresiasi dan contoh bagi setiap orang yang ingin ambil bagian dalam penanganan COVID-19.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Rezka Delpiera