BPBD Sumbar Apresiasi Biro Humas Semprotkan Disinfektan Kenderaan Operasional Pencegahan COVID-19

Penyemprotan disinfektan ke kendaraan operasional Humas Pemprov Sumbar
Penyemprotan disinfektan ke kendaraan operasional Humas Pemprov Sumbar (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Guna memberikan rasa nyaman dalam pekerjaan baik bagi petugas Humas maupun kalangan wartawan, Biro Humas Setda Provinsi Sumatera Barat melakukan pembersihan dengan penyemprotan disinfektan kenderaan operasional.

Hal ini mendukung menindaklanjuti Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Tempat Kerja Perkantoran Dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi dan Keputusan Gubernur Sumbar 180-366-2020 tentang Perpanjangan PSBB untuk persiapan menuju tatanan kehidupan baru.

baca juga: Agam Tambah 11 Kasus Positif COVID-19, Terendah dalam Sepekan Terakhir

Penyemprotan disinfektan diapresiasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar).

Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman mengatakan, langkah tersebut merupakan upaya dalam memutus penyeberan COVID-19. Sebab, ada potensi setiap kendaraan operasional yang telah melakukan perjalanan ditempeli oleh virus.

baca juga: Dua Warga Pessel Positif COVID-19, Masing-masing Warga Sutera dan Ranah Pesisir

"Kita tidak tahu siapa saja yang berada atau tidak sengaja menyentuh mobil. Kalau seandainya mereka yang menyentuh menularkan virus tentu harus dibersihkan. Ini sebagai antisipasi penyeberan," jelasnya, Senin, 1 Juni 2020.

Sementara itu, Kasi Logistik BPBD Sumbar Antorizon mengatakan pihaknya mendukung penuh dan mengapresiasi dalam rangka mengantisipasi penyebaran Virus Corona (COVID-19) dengan melakukan penyemprotan disinfektan di area Kantor Gubernur, termasuk di area kantor Biro Humas Setda Sumbar.

baca juga: WHO: Obat Herbal untuk COVID-19 Diizinkan, Asal Lewat Pengujian

"Kami sangat apresiasi pada Biro Humas, hampir setiap hari minta melakukan penyemprotan terjadap kendaraan operasionalnya liputan terutama sehabis liputan lapangan, sesuatu yang baik guna memberikan rasa nyaman dalam perkerjaan," kata Antorizon.

Menurut dia, tujuan dilakukan penyemprotan desinfektan ini, tidak lain adalah untuk antisipasi penyebaran Covid-19 di dalam aktivitas Biro Humas yang langsung mendampingi semua kegiatan pimpinan daerah Sumbar, untuk itu dilakukan penyemprotan disinfektan .

baca juga: Refly Harun Dorong KPU Ciptakan Aturan Baru Soal Pilkada

"Hal ini penting mengingat Biro Humas bekerja tidak mengenal waktu, dimana disetiap kegiatan pimpinan selalu berada pada garda terdepan penyebarluasan informasi pemerintah daerah," sebutnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir