Peringati Hari Lahir Pancasila, Gugus Tugas Payakumbuh Tetap Imbau Warga Jaga Protokol Kesehatan

Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Payakumbuh
Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Payakumbuh (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 peringati Hari Lahir Pancasila dengan Apel Bersama Gabungan TNI, Polri, Satpol PP, dan lainnya, Senin 1 Juni 2020. Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz dalam sambutannya mengatakan tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah Pancasila dalam tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia maju.

Erwin Yunaz menjelaskan pemerintah bersama Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 siap dan siaga untuk melaksanakan protokol kesehatan. Ia berharap meskipun di tengah pandemi ini semua kegiatan tetap berjalan apapun kondisinya dengan semangat Pancasila.

baca juga: Wako Payakumbuh Minta Pelaksanaan Pilkada Patuhi Maklumat Kapolri

"Mari kita saling mengingatkan dan mengimbau untuk menjaga protokol kesehatan agar ke depannya dapat terbebas dari virus corona atau COVID-19 ini," kata Erwin Yunaz saat memimpin apel bersama di depan Posko Tanggap Darurat COVID-19 Kota Payakumbuh .

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan menambahkan pihaknya juga telah melakukan evaluasi terkait pelaksanaan PSBB di Payakumbuh . Ia menjelaskan bahwa telah melakukan penilaian terhadap tingkat kedispilinan warga dalam melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.

baca juga: Plt. Kabag Umum Setda Solsel Terkonfirmasi Positif Covid-19

"Ada sekitar 7 titik atau tempat yang dikunjungi dan didapatkan tidak ada pengunjung yang tidak menggunakan masker. Kami menilai bahwa warga mulai patuh dan sadar akan pentingnya kesehatan di tengah Pandemi COVID-19," katanya.

Menurutnya, pihak pengelola tempat perbelanjaan dan toko lainnya mulai melengkapi sarana prasarana berdasarkan protokol kesehatan yang ada. Namun memang dikatakannya masih ada beberapa hal lainnya yang harus dilengkapi agar pelaksanaan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

baca juga: Loka POM Payakumbuh Telah Laporkan 18 Toko Online yang Merugikan Konsumen

"Tempat cuci tangan umumnya sudah dilengkapi. Tapi ada beberapa hal lainnya seperti poster imbauan atau informasi tentang protokol kesehatan COVID-19 ini yang harus dilengkapi, sehingga ke depannya warga dan kita semua dapat beraktifitas normal kembali," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe mengajak berbagai pihak untuk tetap menjaga kesehatan. Hal ini terutama kepada petugas di lapangan yang telah tiga bulan terakhir bertugas di lapangan untuk memerangi penyebaran Pandemi COVID-19 ini

baca juga: Peniliti Ungkap Partikel Covid-19 Bertahan dalam Lift Selama 30 Menit

"Mari kita semua tetap jaga kesehatan masing-masing karena siapapun pasti bisa kena, sebab yang tahu kondisi tubuh adalah diri sendiri. Kemudian bagi anggota yang bertugas kami ingatkan untuk juga pro aktif mendorong petugas di lapangan, warga, dan pengelola tempat untuk mematuhi aturan dan protokol kesehatan," ujarnya.

Apel Bersama yang juga dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe, dan Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan. Kemudian Sekdako Payakumbuh Rida Ananda, Komandan Apel Kapten Inf Pardani dan Perwira Apel Ipda Alwisis.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani