BPS: Sensus Penduduk Online hanya Diikuti 19,05 Persen Penduduk

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Badan Pusat Statistik ( BPS ) mengatakan hanya sekitar 19,05 persen penduduk Indonesia saja yang berpartisipasi dalam sensus online pertama di Indonesia tersebut. Hasil itu diketahui setelah program sensus penduduk online dirampungkan pada akhir Mei lalu.

" Sensus online sudah kita tutup pada tanggal 29 Mei 2020 yang lalu jumlah penduduk Indonesia yang berpartisipasi adalah sebesar 51,36 juta orang atau setara 19,05 persen," kata Kepala BPS Kecuk Suhariyanto dalam video conference di Jakarta, Selasa (2/6/2020) dilansir dari Suara.com

baca juga: Terkait Vaksin Corona, dr Berlian Idris: Tolong Jangan Main-main dengan Nyawa Manusia

Meski hanya 19,05 persen penduduk yang ikut dalam sensus penduduk online, Kecuk tetap bersyukur dan dirinya menuturkan angka partisipasi tersebut lumayan baik. "Dengan memperhatikan bahwa ini adalah sensus penduduk yang pertama kali di Indonesia harus bilang bahwa kepedulian masyarakat Indonesia terhadap data sangat luar biasa sekali lagi," katanya.

Sepatutnya kata Kecuk, di dalam pelaksanaan sensus penduduk online jumlah penduduk Indonesia adalah 270 juta sehingga dengan respon sebesar 51,36 juta penduduk ini berarti persentase penduduk yang berpartisipasi adalah 19,05 persen dari total penduduk Indonesia.

baca juga: Shin Tae-yong Punya Data Nama-nama Pemain Keturunan, Siapa Saja?

Sehingga kata dia masih ada sekitar 220 juta jiwa lagi penduduk Indonesia yang belum mengikuti survei, mensiasati hal ini BPS pun berencana bakal kembali melakukan survei penduduk, namun tidak secara online tetapi langsung mendatangi secara door to door pada bulan September 2020 nanti, tapi dengan syarat bahwa pandemi virus corona sudah berkurang atau berakhir.

"Yang akan kita kerjakan sesudah sensus online nya berakhir ini kita akan melakukan sensus lagi pada bulan September 2020 yang kita lakukan secara door to door," katanya.

baca juga: Terekam CCTV Bocah Diculik saat Main di Teras Rumah, Dimasukkan Karung

Untuk mendukung langkah ini, BPS sendiri akan merekrut relawan untuk membantu BPS menyelesaikan sensus penduduk sebanyak 247 ribu orang.

Editor: Ramadhani